Sukses

Lifestyle

Cukup 5 Detik untuk Tahu Dia Sebenarnya Bohong Padamu, Ini Caranya!

Saat seseorang sedang berbohong, bahasa tubuhnya pasti akan memberi sinyal atau gerakan yang berbeda. Tapi bukan berarti seperti Pinokio yang kalau berbohong, hidungnya tambah panjang. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi dia sedang berkata jujur atau bohong padamu.

Dilansir dari womenshealthmag.com, meski mulut sedang berkata bohong, tubuh tetap akan bertahan pada kondisinya untuk memperlihatkan kebenaran. Paul Ekman, Ph.D., psikolog sekaligus peneliti kebohongan membeberkan tanda-tanda fisik seseorang ketika berbohong. Dalam waktu singkat, kita bisa mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak padamu. Yuk, cari tahu penjelasannya.

    Gerakan Kepala

    Kalau dia berkata tidak tapi gerakan kepalanya terlihat mengangguk (meski sepintas), hm... sepertinya ada kebohongan yang ditutupi. Misal, si A jelas-jelas mencuri idemu. Tapi ketika kamu menanyakannya, dia bilang "tidak" namun kepalanya terlihat mengangguk, itu jadi sinyal kalau sebenarnya yang dikatakannya berbanding terbalik dengan kenyataannya.

    Ekspresi Wajah Sesaat Sebelum Berkata-Kata

    Saat seseorang berbohong, ada ekspresi wajah aneh yang ia perlihatkan sebelum otaknya bekerja. Contohnya, ekspresi wajah pacarmu terlihat jijik sebelum ia bilang kalau ia suka makan belut yang jadi hidangan favoritmu.

    Gerakan Tangan

    Gerakan tangan yang bergerak lebih cepat dari biasanya (seperti menunjuk, menggaruk-garuk, atau bergerak tak tentu arah) jadi tanda ia sedang berkata bohong. Tapi ini bisa berbeda tergantung kebiasaan orang tersebut.

    Ada Jeda Saat Berbicara

    Pembohong butuh waktu lebih lama menjawab pertanyaan dibanding orang yang jujur. Ia bisa mengambil jeda atau terdiam ketika sedang berbicara (yang mengandung kebohongan di dalamnya).

Dengan memperhatikan gerak tubuh, cukup waktu lima hingga beberapa detik saja untuk tahu ia sedang berbohong padamu atau tidak. Hanya saja kalau seseorang itu sudah terlatih atau terbiasa berbohong, bahasa tubuhnya akan terasa lebih sulit untuk diterka atau ditebak.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading