Sukses

Lifestyle

Adik Menikah Duluan, Aku Ikhlas Tetapi Hati Ini Perih

Berbicara mengenai pernikahan, ada banyak hal menarik yang bisa kita bicarakan. Mulai dari persiapan pernikahan, hari baik untuk menikah, rangkaian acara pernikahan, adat pernikahan hingga bagaimana jika adik menikah dahulu sedangkan kakak masih single.

Mmm, kalau kamu adalah seorang kakak perempuan dan adik kamu menikah dahulu, bagaimana perasaan kamu Ladies? Bagi sebagian orang mungkin tak masalah dengan hal ini. Misalnya saja artis cantik Syahrini. Siapa yang tak kenal dengan dia. Seperti yang kita tahu, Syahrini adalah adalah satu artis yang ditinggal nikah duluan oleh sang adik Aisyahrani. Meski begitu, wanita super cantik ini tetap terlihat selalu happy. Ia bahkan sangat sayang dengan sang adik dan juga keponakannya. Bukan hanya Syahrini, beberapa kerabat saya yang juga ditinggal nikah oleh sang adik juga happy dan baik-baik saja. So, masih sedih karena ditinggal adik menikah?

Walau sebagian orang bisa selalu bahagia telah ditinggal nikah adik, bagi sebagian orang lagi mungkin ini akan sangat sakit dan perih. Belum lagi, jika mendengar anggapan masyarakat tentang pernikahan tersebut. Tak hanya itu saja, ada banyak mitos yang beredar dan membuat sang kakak menjadi kurang nyaman, takut sekaligus malu. Adapun beberapa mitos tentang adik yang menikah dahulu atau melangkahi kakak antara lain adalah sebagai berikut: 

(vem/mim)

Kakak Yang Ditinggal Menikah Adik Akan Sulit Dapat Jodoh, Benarkah?

Mengingat saya tumbuh dan besar di lingkungan masyarakat yang juga masih memegang erat budaya Jawa, ada banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai adik yang menikah terlebih dahulu dari kakak. Salah satu mitos yang masih sering saya dengar dan cukup dipercaya oleh masyarakat adalah, jika seorang kakak dilangkahi oleh adik dengan menikah dahulu, kemungkinan besar kakak ini akan kesulitan menemukan jodoh. Yang lebih menyakitkan, ada mitos yang mengatakan jika kakak yang ditinggal adik menikah terlebih dahulu akan menjadi perawan tua.

Lantas, benarkah akan mitos ini Ladies? Mungkin, kita tak sengaja melihat kakak yang ditinggal menikah adik terlebih dahulu memang akan mengalami keterlambatan menemukan jodoh atau menikah. Tapi, hal ini tidak serta merta menunjukkan bahwa mitos ini benar.

Tentunya, ada alasan tersendiri kenapa si kakak masih juga single atau belum menikah. Sebagian wanita akan memilih single karena ia memang belum siap dengan hubungan pernikahan. Ada pula, yang belum move on dari sang mantan atau masih fokus pada karir atau belajar. Jika kita cermat dan peka, kita akan menemukan alasan kenapa seseorang akan menunda pernikahan dan mengalah dengan si adik yang memutuskan untuk menikah duluan.

Pada dasarnya, tidak semua wanita akan mudah bergaul apalagi dekat dengan seorang pria. Jika sudah begini, tidak heran kan kenapa ia telat menikah atau dilangkahi oleh adik. Ada pula kakak yang memang sedang fokus membangun usaha dan kesuksesan karirnya. Masih menganggap kakak sulit dapat jodoh karena adik nikah duluan?

Kakak Yang Ditinggal Menikah Oleh Adik Melakukan Ritual Tertentu

Untuk sebagian masyarakat percaya bahwa kakak yang ditinggal menikah oleh adik terlebih dahulu harus melakukan beberapa ritual tertentu. Ritual ini dilakukan agar sang kakak jauh dari nasib sial dan ia pun bisa segera menikah menyusul sang adik. Adapun beberapa ritual yang perlu dilakukan oleh kakak seperti pengalaman kerabat atau sahabat, antara lain adalah menerima seperangkat pakaian lengkap dengan seperangkat make up dari sang adik.

Beberapa bahkan diharuskan menggigit janur (daun kelapa yang masih muda) sebanyak tiga kali lalu sang ibu harus memecutkan janur tersebut ke tubuh kakak. Setelah itu, janur disimpan di bawah kolong tempat tidur kakak secara sembunyi-sembunyi oleh ibu. Ritual ini dilakukan agar si kakak bisa enteng jodoh seperti sang adik. Meski begitu, selama ini tidak semua kakak diharuskan melakukan ritual ini. Selama kakak percaya dan yakin ia akan baik-baik saja dan bahagia, tanpa melakukan ritual inipun kakak tak akan sial dan ia pun tetap akan enteng jodoh.


Dikutip dari rumahfiqih.com, menjelaskan bahwa menikah mendahului kakak perempuan tetap diperbolehkan dan tidak apa-apa. Karena apa, karena selama ini tidak ditemukan dalil yang melarang adik menikah terlebih dahulu dibanding sang kakak. Dalam agama, juga tidak disebutkan bahwa kakak yang ditinggal menikah oleh adik akan mendapat sial apalagi sulit bertemu dengan jodohnya jika tak melakukan ritual khusus.

Yang diharuskan dan tetap diingat oleh adik yang menikah dahulu adalah, adik wajib menghormati sang kakak. Adik tetap harus menjaga perasaan kakak dan membuat kakak menerima keputusannya untuk dilangkahi. Pada dasarnya, adik yang menikah terlebih dahulu dibanding kakak diperbolehkan oleh agama.

Nah, gimana nih Ladies. Apakah kamu punya kisah seputar adik yang menikah terlebih dahulu dari kakak? Jika iya, jangan lupa untuk share kepada kami ya. Untuk urusan jodoh, Tuhan telah merencanakan dan menetapkan yang terbaik pada semua makhluknya. Jika kamu memang tinggal di lingkungan masyarakat yang memang percaya dengan mitos adik menikah dahulu dari kakak, tidak ada salahnya jika kamu menganggap hal itu sebagai sebuah tradisi.

Kalaupun kamu harus melakukan ritual tertentu, selama ritual itu tidak merugikan diri sendiri atau orang lain, kamu juga masih boleh melakukannya sebagai tradisi. Yang pasti, untuk urusan jodoh dan nasib setiap manusia telah direncanakan dan ditetapkan oleh Tuhan. So, be positive.

Meski ditinggal menikah oleh adik akan membuat hati sakit, kamu tetap harus kuat dan jangan sedih. Usahakan agar kamu benar-benar mengikhlaskan semuanya dan percayalah, rencana Tuhan akan jauh lebih baik dan lebih indah untukmu suatu saat nanti. Kamu pasti akan menemukan kebahagiaan itu di waktu dan tempat yang tepat.

[pos_1]



Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading