Sukses

Lifestyle

Jantung Berdebar Kencang Saat Bertemu Orang Yang Disuka, Benarkah Itu Cinta?

Perasaan cinta merupakan salah satu perasaan yang umum dirasakan oleh setiap anak manusia. Cinta juga merupakan salah satu perasaan yang tak bisa ditebak dengan mudah begitu saja. Berbicara mengenai cinta, kali ini saya akan membahas kenapa saat kita bertemu seseorang yang disuka, jantung akan berdebar kencang, mulut tertutup rapat seolah tak bisa bicara dan tidak jarang akan salting (salah tingkah). Ya, bagi beberapa orang akan mengalami hal ini saat mereka bertemu atau bertatapan langsung dengan seseorang yang disuka. Termasuk saya sih hehe.

Dikutip dari laman edition.cnn.com, ketika seseorang melihat orang yang disuka, tubuh akan mengalami gairah fisiologis secara keseluruhan. Biasanya, gairah ini akan dimulai dengan detak jantung yang berdebar cepat dan tubuh berkeringat. Dr Reginal Ho, seorang profesor dari Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia, Pennsylvania, mengatakan jika, "Ketika kamu melihat orang yang disuka atau hati kamu menaruh cinta kepadanya, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi karena hormon adrenailin di dalam tubuh keluar."

Menurut dokter Ho, saat bertemu dengan orang yang disuka, secara langsung maka otak dan tubuh akan melepaskan beberapa hormon sekaligus. Dan hormon tersebut antara lain adalah dopamin, adrenalin, serotonin, estrogen juga testosteron. Kombinasi dari semua hormon inilah yang akan membuat jantung seseorang akan berdetak kencang saat bertemu dengan orang yang disuka.

Seseorang akan merasa gugup dan debar jantung menjadi sangat kencang saat ia bertemu dengan orang yang disuka | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Lebih jauh Dr Ho menjelaskan jika saat seseorang bertemu dengan orang yang disuka, tidak akan mengirimkan beberapa sinyal ke kelenjar adrenal pada tubuh. Hal ini juga memungkinkan beberapa hormon di tubuh mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berdebar lebih cepat serta kuat. Seperti yang kita tahu atau juga kita rasakan, biasanya, saat bertemu dengan orang yang disuka lutut rasanya menjadi lemas, mulut tak bisa berkata-kata, pikiran seolah berhenti dan rasa percaya diri seolah lenyap.

Lantas, ketika jantung berdetak kencang ini, apakah ini termasuk ke dalam perasaan cinta? Apakah perasaan normal dan apakah tidak berbahaya? Bagi sebagian orang, detak jantung yang berdebar cepat ini memang indikasi bahwa orang tersebut sedang jatuh cinta. Tapi, bagi beberapa orang lain, mungkin perasaan ini hanya sebatas perasaan kagum atau suka saja. Kita tak perlu khawatir saat jantung berdebar ketika bertemu dengan orang yang disuka. Pasalnya, sebagian besar orang akan mengalami hal ini dan ini merupakan perasaan normal. Mengenai berbahaya atau tidak, tentunya ini tergantung pada pribadi masing-masing.

Bagi mereka yang menderita gangguan jantung, kemungkinan besar hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Tapi, bagi seseorang yang tak bermasalah dengan kesehatan jantungnya, hal ini akan baik-baik saja selama debaran jantung tersebut masih pada batas normal. Tapi, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita jatuh cinta, efek terbesar dari kesukaan yang terlalu besar bisa memicu stres, perasaan cemas, takut dan tak rela untuk kehilangan.  

So, bagaimana nih. Apakah jantung kamu juga berdebar kencang saat bertemu dengan orang yang disuka? Untuk memahami perasaan tersebut cinta atau bukan, kembalikan dan tanyakan pada diri kamu sendiri ya Ladies. Jangan heran, jika kamu suka atau bahkan cinta dengan seseorang dan bertemu dengannya, jantung kamu akan berdebar kencang, lutut lemas, mulut menjadi bisu sesaat dan pikiran melayang entah ke mana. ^____^



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading