Sukses

Lifestyle

Tak Ada yang Ditutupi, Ini 4 Tips Membuatnya Berkata Jujur Padamu

Ladies, memang agak susah ya untuk mengetahui apakah yang dikatakan seseorang itu kejujuran atau kebohongan. Kalau kita tidak peka, kita bahkan bisa tidak menyadari kalau sebenarnya yang ia katakan adalah kepalsuan. Apalagi jika yang sedang berbicara adalah orang yang kita cintai, biasanya kita akan dengan mudahnya mempercayai setiap perkataannya.

Tapi kalau mulai muncul rasa ragu, kamu bisa coba untuk membuatnya berkata jujur. Seorang pakar bernama Paula Mayer mengatakan bahwa ada cara yang 'halus' untuk membuat orang lain berkata secara jujur pada kita. Gimana caranya? Cek tips dan triknya di bawah ini.

    Amati Dulu Gerak-Geriknya

    Coba dulu perhatikan gaya bicara, ekspresi, serta bahasa tubuhnya saat dia sedang bicara atau menjelaskan sesuatu. Kamu bisa melihat bahasa tubuhnya yang mencoba meyakinkan kita atau hanya bicara begitu saja dengan nyaman di hadapan kita. Apakah ekspresinya terlihat mengambang dan kurang meyakinkan, ataukah dia nampak lebih menyatu dengan suasana. Kadang orang yang mencoba tenang malah menyimpan misteri tersembunyi. Kamu bisa melihat orang yang memang pembawaannya tenang dan orang yang mencoba menekan kecemasannya dalam ketenangannya.

    Lemparkan Pertanyaan 'Pancingan'

    Bila kamu mulai merasa curiga dengan apa yang kamu dengarkan, coba buat pertanyaan pancingan. Misalnya saat temanmu mengatakan bahwa dia baik-baik saja ketika dia terlihat sedang sangat tidak baik, coba tanyakan tentang kabar keluarga atau hubungan cintanya. Pertanyaan seperti ini akan 'menyinggung dengan halus' sehingga pintu pengakuannya akan terbuka. Lama-lama dia akan menceritakan kronologis apa yang ia alami dalam hidupnya.

    Ulang Lagi Pernyataan yang Diucapkannya

    Ada beberapa pernyataan berulang yang sering dilakukan untuk meyakinkan kita pada sudut pandangnya. Kamu tak harus mengiyakannya, cukup terima dan dengarkan kata hatimu. Tak harus pula mengkonfrontasikan apa yang benar menurutmu. Yang penting jangan mudah terbawa suasana meski kamu berempati akan keadaannya.

    Bersikaplah sebagai Sahabat dan Hindari Sikap Menghakimi

    Kadang, malah kita yang harus sedikit tricky dengan keadaan. Cobalah untuk menjadi sosok yang tetap bisa menerima keadaannya dan katakan bahwa apa yang dia katakan tak akan mempengaruhi apapun. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa melakukannya dengan tulus karena bisa membuatmu lebih logis dan tidak memihak.

Yang perlu digarisbawahi lagi adalah kita jangan sampai terburu-buru menyimpulkan. Mendeteksi kebohongan itu seringkali susah dan butuh kejelian khusus. Kalau kamu ingin membuatnya selalu berkata jujur di depanmu, kamu juga perlu memperlihatkan sikap terbuka dan jujur padanya, setuju?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading