Sukses

Lifestyle

Mendengar, Aspek Penting yang Sering Terlupakan dalam Sebuah Hubungan

Ladies, mungkin Anda sering kesal atau sebal saat pasangan Anda tidak benar-benar memperhatikan dan mendengarkan Anda. Apalagi jika dia memperlihatkan wajah jutek dan tak peduli, wah amarah rasanya sudah tinggal hitungan detik untuk meledak. Kenapa sih pasangan terkadang sulit sekali jadi pendengar yang baik? Dan apa yang perlu kita lakukan agar pasangan mau mendengarkan kata-kata kita?

“There's a lot of difference between listening and hearing.”
― G.K. Chesterton

Saat sedang mengobrol atau berdiskusi, kita pasti ingin bisa didengar dan diperhatikan dengan baik. Kita ingin bisa membuat komunikasi berjalan lancar dan baik. Hingga pada akhirnya hubungan kita dengan pasangan bisa makin dekat.

Ada kalanya kita keburu bertengkar dengan pasangan hanya karena saling memenangkan ego masing-masing. Kita tak memberi kesempatan pasangan untuk mendengar. Pun sebaliknya, pasangan tak memberi kesempatan kita untuk mendengar. Nah, Ladies, sebelum masalah yang ada makin parah, cobalah untuk sama-sama belajar saling mendengar. Caranya, ikuti tips-tips berikut ini.

    Beri Ruang Pada Pribadi Masing-Masing

    Cobalah untuk berpisah sejenak. Tenangkan diri masing-masing. Jernihkan pikiran kita terlebih dahulu. Kalau sudah merasa lebih nyaman dan tenang, atur waktu untuk kembali bertemu. Lalu buat kesepakatan untuk saling memberi waktu saling mendengar sebelum memulai obrolan. Jangan menyela penjelasan pasangan kalau memang ia belum selesai. Dan mintalah pasangan untuk mendengarkan apa yang Anda katakan hingga tuntas.

    Pilih Ruang Mengobrol yang Santai

    Suasana sangat mempengaruhi suasana hati ketika Anda ada masalah dengan pasangan. Jadi pilihlah ruangan atau tempat mengobrol yang nyaman sehingga hati pun akan terasa lebih tenang. Saat suasana nyaman sudah mendukung, maka mengobrol jadi terasa lebih mengalir.

    Selingi dengan Candaan Ringan

    Cairkan suasana dengan melontarkan lelucon atau bahan candaan ringan. Buat diri Anda dan pasangan sama-sama berada dalam kondisi yang lebih rileks. Sebuah masalah yang serius akan sulit diselesaikan kalau Anda dan pasangan berada dalam kondisi tertekan dan stres.

    Belajar Saling Memaafkan

    Sulit memang untuk bisa memaafkan seseorang ketika hati kita sendiri sedang terluka. Tapi akan ada banyak hikmah saat kita berhasil belajar saling memaafkan. Daripada membuang energi untuk bertengkar dan terus berdebat, beranikan diri untuk meminta maaf. Sebuah kata maaf bisa membuka pintu kebahagiaan yang baru.

“The art of conversation is the art of hearing as well as of being heard.”
― William Hazlitt

Ladies, ada baiknya jangan keburu bertengkar sebelum saling memberi ruang untuk mendengar dan didengarkan. Kalau komunikasi bisa dijalin dengan baik, pasti akan selalu ada jalan untuk menyelesaikan semua masalah dan hambatan yang ada.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading