Sukses

Lifestyle

Mengatur Pernikahan Tanpa Jasa Wedding Organizer? Bisa Kok, Ini Tipsnya

Menggunakan jasa wedding planner atau wedding organizer (WO) pernikahan memang memberikan kemudahan dan keuntungan sendiri. Anda tidak perlu repot-repot atau dipusingkan mencari kebutuhan pernikahan. Sehingga Anda bisa lebih fokus menyiapkan mental Anda menuju hari H. Namun, tidak ada salahnya bila momen yang terjadi sekali dalam seumur hidup, Anda siapkan sendiri tanpa bantuan WO.

Biasanya, keluarga ikut terlibat membantu atau mengurus pernikahan Anda. Menurut Tono Raharja selaku Chief Marketing Officer Weddingku mengatakan calon pengantin yang tidak memakai WO merupakan hal yang berani dan mau repot mencari banyak informasi.

"Tidak ada Wedding Planner tidak masalah. Asal pas hari H harus pakai, wajib, mau pakai orang dalam (keluarga) atau orang luar (WO)," kata Tono kepada Vemale di kawasan Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2015.

Baginya, sebelum hari pernikahan calon pengantin tidak masalah mencari vendor sendiri. Tapi, ketika harinya tiba pasangan pengantin tidak boleh repot mengurusi acara, semuanya harus ditangani oleh orang yang terpercaya.

Foto: dok. Vemale

"Pengantin hari H jangan pegang HP, pakai teman dekat atau keluarga saja yang meng-handle bila tak mau keluar budget untuk WO," jelasnya.

Tugas yang harus dijalankan saat hari H sangatlah banyak, seperti mengawasi vendor apakah semuanya datang, mengurusi tamu, check list makanan, mobil pengantin kapan datang, semuanya harus berjalan dengan baik.

"Dan yang penting wedding itu dibikin interaksi, party bisa berjalan dengan interaksi dari pengantinnya, keluarga dan tamu yang datang," tutup Tono.

Ladies, jika Anda ingin menyelenggarakan acara pernikahan tanpa menggunakan jasa wedding organizer, ada perlu membuat daftar persiapan yang matang. Daftar tersebut berisi sejumlah hal, mulai dari pendaftaran di KUA atau Catatan Sipil, sewa gedung, sewa dekorasi dan kebutuhan selama acara, jasa MC, mas kawin, gaun pengantin, penata rias, katering, undangan, souvenir, seragam untuk panitia dan keluarga (bila perlu), petugas among tamu, hingga keperluan dokumentasi.

Saat membuat daftar kebutuhan tersebut, jangan lupa sertakan anggaran atau rancangan biaya yang akan dibutuhkan. Oh iya, tak menggunakan jasa wedding organizer bukan berarti Anda mengatur semuanya seorang diri. Anda bisa meminta bantuan kerabat, keluarga, teman, dan sahabat Anda untuk mematangkan setiap rencana dan memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Tak menggunakan jasa wedding organizer mungkin akan membuat Anda sedikit repot. Tapi ketika hari H tiba dan semua berjalan lancar sesuai rencana Anda, maka Anda bisa mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading