Sukses

Lifestyle

Ada Yang Tau Konsep Tentang Jodoh Itu Apa? #TanyaSETIPE

Konsep jodoh sangat sulit dimengerti, ditebak, dan sangat berlika-liku jalannya.

-oOo-

Dear Vemale.

Perkenalkan nama Setipe P, usia 21 tahun Domisili Bogor. Di sini aku mau sedikit berbagi tentang kisah dari kakak perempuanku. Aku tidak mengerti apa yang sedang terjadi dengan perasaan kakakku.

Selama ini dia sudah menjalin hubungan asmara dengan seorang lelaki yang bernama F, hubungan mereka sudah berkisar 4 tahun dan rasanya bukan waktu yang sebentar. Tetapi diakhir kisah hubungan mereka datang seorang lelaki bernama D ke dalam kehidupan kakakku. Dan dia merubah semua cerita perjalanan cinta yang sudah kakakku bangun selama 4 tahun bersama kekasihnya.

Entah kakakku yang terlalu bodoh sehingga lebih memilih untuk menikah dengan D lelaki yang baru dia kenal sekitar 2 bulan itu atau memang ada faktor lain yang membuat dia memutuskan hubungannya dengan F yang sudah berjalan 4 tahun dan lebih memilih D?

Mungkin hanya Tuhan dan kakakku yang tahu.

Tetapi jujur aku tidak setuju dengan keputusan kakakku itu, karena hanya selang 1 hari setelah dia memutuskan hubungan dengan kekasihnya tersebut, keesokan harinya keluarga D datang ke rumahku dan mengadakan acara lamaran dan menentukan tanggal pernikahan yang hanya berkisar 1 bulan. Aku tidak bisa membayangkan berada di posisi mantan pacar kakakku itu, kenapa dunia terasa begitu kejam terhadapnya. Aku tak kuasa menahan air mataku ketika mendengar isak tangis yang keluar dari mulut F ketika dia datang ke rumahku dan berbicara 4 mata dengan mamaku. Padahal F sudah berniatan melamar kakak ku bulan september nanti tetapi batal karena ada lelaki lain yang melamar kakakku dan akan menikah di bulan September.

Sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan kakakku?

Mama hanya bisa menjawab kalau itu semua jodoh yang sudah digariskan oleh Tuhan dan meminta untuk F berlapang dada dan semoga mendapatkan jodoh yang lebih baik dan wanita yang lebih segalanya dari kakakku.

Tetapi pertanyaan yang ada dibenakku, apakah benar jodoh seperti itu? Dan kenapa hubungan yang dibangun sekian lama bisa runtuh karena hadirnya seseorang yang bisa dibilang jodoh?

Kenapa jodoh dipertemukan ketika seseorang yang sudah memiliki komitmen untuk bersama? Apakah jodoh tidak bisa ditolak ?

Sampai saat ini aku tidak mengerti dengan semua ini dan aku tidak mengerti yang dimaksudnya dengan jodoh itu seperti apa. Mohon pencerahannya Vemale.

(vem/apl)

Analisa Tim Setipe

Hai P. Pasti Anda penasaran banget ya kenapa konsep jodoh sangat sulit dimengerti, ditebak, dan sangat berlika-liku jalannya? Wajar, karena jodoh itu sendiri memang seperti teka teki. Banyak sekali jalan untuk bertemu dengan orang yang disebut-sebut sebagai jodoh. Bisa jadi dia ternyata sahabat, orang asing, bertemu di reuni, bertemu di online dating, atau di Setipe.com! Tapi itulah cara Tuhan bekerja. Dengan cara yang tidak kita pahami, tapi kita yakini bahwa itu yang terbaik buat kita. Oh ya, menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda tentang jodoh, ini sedikit yang Setipe.com bisa bantu.

Solusi Setipe

[bullet]

[title]Apa benar jodoh seperti itu?[/title]

[content]Ya, seperti itu. Sebenarnya konsep jodoh sendiri sangat luas. Ada yang bilang sepasang kekasih dikatakan jodoh kalau menikah. Tapi kemudian, pada pasangan-pasangan yang bercerai, apa berarti predikat mereka sebagai 'jodoh' harus dicabut? Setipe sendiri menganut pengertian kalau jodoh itu adalah orang terakhir yang bersama sampai umur memisahkan. Jadi, ketika Setipe sudah tidak ada di dunia, Setipe sudah menemukan jodoh Setipe. Sedangkan si pasangan Setipe, bisa jadi menemukan jodohnya yang lain sepeninggalan Setipe. Ilustrasinya, setiap orang memang memiliki jodoh, tapi belum tentu saling berpasangan antara si A dan si B. Silahkan ambil nafas panjang karena konsep jodoh memang rumit sekali. Itu baru dari satu pandangan, belum dari pandangan-pandangan yang lain.[/content]

[title]Apa jodoh bisa ditolak?[/title]

[content]Sebenarnya, kita bisa punya andil dalam menentukan jodoh kita siapa. Dengan kita memperbaiki kualitas diri tentu akan meningkatkan kita untuk bertemu dengan jodoh yang lebih baik pula. Peluang untuk Anda bertemu dengan jodoh pun bisa dari mana saja. Masalah tolak menolak ini, Setipe juga tidak bisa memastikan. Yang pasti, cara Tuhan bekerja sangat unik dan jodoh memang tidak akan kemana. Benar kata Mama Anda, sudah ada garisnya sendiri. Tapi yang pasti, kita harus tetap usaha mencari karena jodoh tidak langsung datang begitu saja.[/content]

[/bullet]

Kurang lebih seperti itulah konsep tentang jodoh. Tentang kakak Anda sendiri, Setipe tidak bisa banyak berasumsi. Yang pasti, dia yang menentukan kebahagiannya sendiri, mungkin dengan menikahi orang yang lain. Kesannya memang jadi tidak adil, tapi kita pun tidak pernah ada yang tahu ada apa dibaliknya. Lagipula, selalu ada hikmah di balik semuanya. Kadang, kita memang dipertemukan dengan orang yang belum tepat sebelum akhirnya bertemu dengan yang tepat. Sekarang, kita hanya bisa mendoakan semoga pilihan ini adalah yang terbaik buat kakak Anda dan semoga mantan kakak Anda bisa menerimanya dan menyembuhkan luka hingga siap untuk membuka hatinya lagi, ya.

-oOo-

Buat Anda yang ingin curhat tentang cinta, tim psikolog dari Setipe.com siap membantu. Boleh banget kirim curhatan Anda ke redaksivemale@kapanlagi.net dengan subjek email CURHAT VEMALE. Sertakan nama, usia dan kota tempat tinggal. Yuk curhat.. gratis dong..

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading