Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Ini 5 Cara Dapatkan Pernikahan Langgeng

Urusan cinta memang terbilang kompleks dan rumit. Karena kerumitannya tersebut, banyak peneliti yang kemudian tergelitik untuk membuat penelitian dengan tema ini. Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk mengatur urusan cinta. Salah satunya adalah tentang mengungkap rahasia mendapatkan hubungan yang kuat dan langgeng.

Dilansir dari lifehack.org, ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan hubungan yang langgeng yang didasari dengan fakta-fakta penelitian. Cara-cara ini bisa jadi panduan praktis bagi Anda yang baru akan memulai rumah tangga. Untuk Anda yang saat ini sudah menikah pun bisa mulai coba praktikkan cara ini supaya hubungan Anda dengan sang suami tercinta makin intim dan lengket.

Selengkapnya, yuk kita simak uraiannya berikut ini. Pst, cara keempat dalam artikel ini jangan sampai Anda lewatkan, ya.

(vem/nda)

Fokus pada Hal-Hal Positif yang Dimiliki Pasangan

Para peneliti menemukan bahwa memiliki pikiran positif tentang pasangan kita akan jadi hal yang sangat penting dalam hubungan. Ketika Anda lebih fokus memikirkan kelebihan dan keistimewaan pasangan, maka hubungan Anda bisa makin menguat.

Bianca Acevedo, Ph.D yang merupakan seorang penulis sebuah penelitian tahun 2009 yang dilakukan para peneliti di University of California di Santa Barbara, menuliskan bahwa hubungan yang baik itu ditandai dengan bagaimana pasangan lebih mengingat hal-hal positif dibanding hal-hal negatif dari pasangannya. Saat sedang ada konflik misalnya, pasangan akan lebih mudah menemukan solusi karena tidak berlarut-larut pada memikirkan hal-hal negatif. Selain itu, dengan fokus pada hal-hal yang lebih positif, kita bisa lebih mengontrol diri tidak membuat masalah kecil jadi besar.

Berkomunikasi Empat Mata

Sebuah penelitian tahun 2007 yang diterbitkan di Journal of Family Pscyhology menyebutkan bahwa wanita umumnya lebih bahagia saat bisa berkomunikasi empat mata dengan pasangannya lebih sering. Mengirim pesan, menelepon, atau chatting tetap diperlukan. Tapi untuk mendapatkan hubungan yang lebih langgeng dan kuat, maka perlu sering melakukan komunikasi empat mata.

Saat Anda bisa mendapatkan kuantitas dan kualitas yang cukup untuk berkomunikasi empat mata dengan pasangan, maka ada peluang besar hubungan Anda akan makin kuat. Berbicara empat mata mungkin terlihat sebagai hal sepele tapi ternyata dampaknya sangat signifikan dalam hubungan asmara Anda. Jadi, sudah seberapa sering Anda menghabiskan waktu untuk berkomunikasi empat mata dengan pasangan?

Lakukan Aktivitas Baru yang Menantang

Menghabiskan waktu dengan pasangan memang penting. Tapi penelitian menunjukkan bahwa cara yang dipilih ketika menghabiskan waktu dengan pasangan itu jauh lebih penting.

Psikolog Arthur Aron, Ph.D. yang juga sering kolaborator dalam sebuah penelitian menuliskan di jurnal Social Psychological and Personality Science bahwa pasangan bisa makin saling cinta ketika bisa menghabiskan waktu bersama mengeksplorasi dan melakukan aktivitas baru yang menantang. Penelitian ini khususnya relevan bagi pria.

Anda dan pasangan bisa coba lakukan hal yang menantang setiap beberapa waktu sekali. Misal, melakukan bungee jumping bersama pasangan untuk pertama kali. Atau coba lakukan kegiatan yang bisa membuat Anda dan pasangan bisa melepaskan stres dan menjauh sejenak dari rutinitas harian.

Katakan Cinta dengan Sentuhan Fisik

Menyatakan cinta dan kasih sayang dengan kata-kata memang diperlukan. Tapi menyatakan cinta dengan sentuhan fisik juga sama-sama diperlukan. Saat sudah jadi suami istri, tak perlu lagi yang namanya jaim atau malu-malu mengungkapkan cinta.

Ciuman di pipi atau sentuhan di bahu sudah bisa jadi contoh sentuhan fisik untuk meningkatkan rasa cinta. Tak terkecuali dengan berhubungan seks. Peneliti Michelle Russell dan James McNulty dari University of Tennessee mengatakan kalau melakukan hubungan intim secara rutin juga bisa jadi cara yang ampuh untuk menjaga rasa cinta dan bahagia dalam waktu lama. Dalam rumah tangga, hubungan seks bisa menjadi cara yang positif untuk terus menjaga intensitas rasa cinta Anda bersama suami.

Tetap Lakukan Hobi dan Minat Anda

Meski saat ini Anda sudah berbagi banyak hal dengan pasangan Anda, tetaplah jaga hobi dan minat Anda. Anda dan pasangan sama-sama perlu ruang sendiri untuk bisa melakukan hal yang disukai. Saat kita bisa melakukan hal yang kita sukai, maka kita akan merasa bahagia. Perasaan bahagia itu pun kemudian bisa menjalar ke suasana rumah tangga Anda.

Ladies, untuk mendapatkan pernikahan yang langgeng, sebenarnya ada banyak tips dan cara yang bisa Anda coba. Tinggal bagaimana cara Anda memilih tips yang paling tepat untuk Anda dan pasangan. Serta menemukan rumus bahagia Anda sendiri bersama pasangan.




Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading