Sukses

Lifestyle

5 Tanda Bahwa Seseorang Sedang Dilanda Kesepian

Putus dari kekasih, masih single karena belum menemukan orang yang tepat, cinta bertepuk sebelah tangan, baru pindah rumah atau pindah kerja. Beberapa hal tersebut merupakan hal-hal yang bisa membuat seseorang merasa sendiri dan dilanda kesepian.

Tidak bisa dipungkiri, rasa kesepian kerap melanda siapapun yang baru saja kehilangan dan jauh dari kekasih, sahabat atau kerabat. Sebenarnya, kesepian adalah sesuatu yang normal terjadi pada diri seseorang. Hanya saja, kesepian yang berlarut-larut sangat tidak baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis. Beberapa study menyebutkan jika kesepian bisa memicu meningkatkan risiko depresi dan kematian.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang dilanda kesepian. Dan tidak banyak pula yang sadar bahwa sahabat atau kerabat ternyata sedang dilanda kesepian. Padahal, tidak jarang orang merasa sepi dan sedih meski ia sedang berada di tempat yang ramai serta menyenangkan.

Dikutip dari laman everydayhealth.com, ada beberapa tanda ketika seseorang sedang dilanda kesepian. Dan tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

(vem/mim)

Tidak Bisa Tidur Nyenyak

Apakah Anda pernah merasakan akan hal ini? Rasa cemas, takut dan khawatir adalah salah satu penyebab kenapa seseorang kesulitan tidur nyenyak di malam hari. Sedangkan penyebab rasa cemas tersebut adalah karena seseorang sedang dilanda kesepian.

Lianne Kurina, PhD seorang ahli kesehatan fisik dan mental mengatakan jika seseorang mengalami kesulitan untuk dapatkan tidur nyenyak dan berkualitas, hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut sedang dilanda depresi dan rasa kesepian mendalam. Seseorang yang kesepian akan cenderung merasa cemas.

Menghabiskan Banyak Waktu Untuk Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang merupakan aktivitas yang menyenangkan, nyaman dan bisa membuat tubuh makin tenang serta rileks. Study menyebutkan bahwa seseorang yang biasa menghabiskan banyak waktu di kamar mandi untuk mandi air hangat merupakan salah satu tanda orang tersebut sedang dilanda kesepian.

Sadar atau tidak, ketika lebih banyak berada di bawah siraman air hangat, hal ini menunjukkan bahwa seseorang tersebut ingin memiliki ketenangan dan suasana rileks karena tertekan dengan kesendirian yang dialami. Mandi memang tidak salah, tetapi jika Anda mandi terlalu lama, coba pahami lagi diri Anda sendiri apakah memang benar Anda sedang dilanda kesepian?

Kesulitan Berada di Situasi Sosial

Tidak sedikit orang yang dilanda kesepian akan kesulitan berada di situasi sosial. Orang-orang yang dilanda kesepian tidak jarang akan merasa bingung, canggung dan tidak tahu apa yang akan dilakukan ketika ia berkumpul bersama orang banyak di dunia nyata.

Seorang profesor bernama Megan L Knowles menemukan bahwa orang yang sedang dilanda kesepian akan kesulitan berkomunikasi dan sosialisasi bersama orang lain di dunia nyata. Ia juga cenderung lebih aktif di media sosial maupun dunia maya.

Teman Anda Juga Seorang Yang Kesepian

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, hampir 52 persen orang yang dilanda kesepian memiliki teman atau sahabat yang juga merupakan seseorang yang sama-sama sedang dilanda kesepian. Karena kesamaan inilah, orang-orang yang sedang dilanda kesepian lebih memilih berteman bersama orang yang kesepian pula.

Meski tidak semua orang yang sedang dilanda kesepian akan berteman dengan sesama orang kesepian, sebagian besar dari mereka akan memilih teman yang senasib dan membuatnya nyaman.

Memiliki Lebih Banyak Teman di Media Sosial Daripada di Dunia Nyata

Apakah Anda memiliki lebih banyak teman di media sosial daripada teman di dunia nyata? Jika iya, bisa dikatakan Anda adalah seseorang yang sedang dilanda rasa kesepian.

Beberapa study menyebutkan jika seseorang yang sedang dilanda kesepian akan lebih senang bersosialisasi di dunia maya seperti facebook, twitter, path dan masih banyak lagi. Saat berada di kehidupan nyata, ia cenderung pesimis dan tidak memiliki banyak teman.

Ladies, itulah beberapa tanda yang bisa dilihat ketika seseorang sedang dilanda kesepian. Selain tanda di atas, tanda lain adalah berat badan turun tidak stabil (turun dan naik dengan drastis), sering merasa sakit kepala, stres berat bahkan depresi.

Agar tidak merasa kesepian, cobalah untuk lebih terbuka pada orang lain, terus bersabar dan berusahalah menjadi yang terbaik agar orang lain melihat bahwa Anda adalah seseorang yang spesial dan layak dijadikan sahabat untuk mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading