Sukses

Lifestyle

Kenapa si Dia Kabur? #TanyaSetipe

Tiba-tiba pacar saya menghilang dan membuat saya bingung harus bagaimana.

-oOo-

Dear Vemale,

Saya L umur 33 tahun tinggal di Jakarta.

Saya sedang bingung. Saya dan pacar saya sudah pacaran setahun lebih, tapi 1 minggu ini dia menghilang, tidak mau terima telepon, sms, email, atau BBM dari saya.

Kami menjalani hubungan beda agama, saya dari keluarga Tionghoa sedangkan dia Muslim. Kedua orang tuanya tidak merestui hubungan kami, tapi dia masih tetap memperjuangkan saya. Dia orangnya dewasa padahal dia lebih muda 8 tahun dari saya, teman tukar pikiran yang baik, bisa bikin saya bahagia, bisa bikin saya tenang setiap ada masalah karena dia pasti membantu semua masalah-masalah saya.

Hanya saja, minggu kemarin saya ada menyinggung tentang kesalahan dia yang membuat saya sering mimpi buruk. Maaf kami pernah melakukan 1 kali kesalahan yang tidak pantas dilakukan oleh orang yang belum menikah. Saya memohon agar dia bertanggung jawab membantu saya menghilangkan mimpi-mimpi buruk tersebut. Mungkin dia tidak suka makanya dia menghilang.

Sekarang saya bingung apa yang harus saya lakukan. Apakah belajar mengikhlaskan dia pergi atau tetap berusaha menuntut pertanggungjawaban?

Terima kasih

(vem/setipe/yel)

Analisa Tim Setipe

Hai, Liza. Apa kabarnya nih sekarang? Semoga Anda sudah merasa lebih baik ya.

Tim Setipe.com turut prihatin mendengar kondisi Anda saat ini. Masalah yang sedang Anda alami dengan si pacar disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya adalah adanya perbedaan keyakinan dan masalah tanggung jawab atas perbuatan kalian. Tapi tenang saja, apapun yang Anda alami sekarang pasti Anda bisa menghadapinya. Asalkan jangan lupa untuk memikirkan hal-hal lain, ya.

Solusi Tim Setipe

 

Bicarakan baik-baik

Karena masalah kalian cukup berat, ada baiknya penyelesaian yang dilakukan adalah dengan dibicarakan baik-baik. Beritahu dia apa yang mengganjal pikiran Anda dan biarkan dia juga memberitahu Anda apa yang mengganjal pikirannya. Kalau kalian sudah sama-sama tau, akan lebih mudah menentukan apa yang harus dilakukan.

Menerima hal yang sudah terjadi

Terkait apa yang Anda sebut sebagai "kesalahan", Anda harus bisa menerimanya. Penyebab Anda terus-terusan bermimpi buruk adalah Anda terus memikirkannya sehingga menjadi beban dan terbawa ke alam bawah sadar Anda. Padahal nasi sudah menjadi bubur. Jangan fokus pada apa yang tidak bisa diubah. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menerima dan memperbaiki apa yang harus diperbaiki.

Beri waktu

Ada beberapa penyebab dia menghilang. Mungkin dia juga sedang berpikir dan membutuhkan waktu untuk sendiri. Apalagi Anda terus menuntut pertanggung jawaban. Sedangkan apapun yang kalian hadapi saat ini sebenarnya keputusan berdua sehingga bukan hanya satu pihak yang harus bertanggung jawab. Untuk itu, agar tidak terjadi kesalahan lagi tidak ada salahnya memberikan sedikit waktu untuk memikirkan apa yang terbaik. Tapi Anda juga perlu beri batasan sampai kapan agar tidak terus-terusan lari dari masalah.

Semoga saja dengan demikian Anda tidak terus-terusan mimpi buruk lagi ya. Bertahan atau tidaknya hubungan ini, kalian harus tetap menyelesaikan masalah yang ada. Kenapa? Agar nanti apapun keputusannya sudah tidak ada lagi unfinished business dan bisa mulai melangkah ke depan.

-oOo-

Buat Anda yang ingin curhat tentang cinta, tim psikolog dari Setipe.com siap membantu. Boleh banget kirim curhatan Anda ke redaksivemale@kapanlagi.net dengan subjek email CURHAT VEMALE. Sertakan nama, usia dan kota tempat tinggal. Yuk curhat.. gratis dong..

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading