Sukses

Lifestyle

5 Ciri Pria Saat Berbohong (Semua Wanita Harus Tahu)

Sering dibohongi oleh pria? Anda tidak sendirian kok, semua editor Vemale.com juga pernah mengalaminya. Mulai dari kebohongan ringan seperti "Aku udah otw." hingga janji-janji manis lainnya yang lebih menyaya hati.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh HushHush.com, diketahui bahwa pria melakukan kebohongan setidaknya 3 kali dalam sehari atau jika ditotal sekitar 1.000 kebohongan selama setahun. Jumlah ini 3 kali lebih banyak ketimbang kebohongan yang dilakukan wanita.

Nah, agar Anda tidak jadi korban selanjutnya, ketahui ciri dan bahasa tubuh pria saat mereka berbohong.

(vem/yel)

Bicara Berlebih Atau Justru Sulit Berkata-Kata

Sebenarnya manusia memiliki naluri yang menolak kebohongan. Maka saat ada keinginan untuk berbohong, ada penolakan dari dalam yang akhirnya menyebabkan hal-hal ganjil. Salah satunya adalah dia tiba-tiba jadi bicara berlebih atau sebaliknya jadi sulit berkata-kata.

Pria yang berbohong pada umumnya akan memberikan banyak informasi tidak penting dan tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Biasanya dilakukan karena dia ingin terlihat meyakinkan dan dipercaya, padahal dia sedang menutupi sesuatu. Bisa juga sebaliknya, dia jadi terbata-bata dan tampak berpikir keras saat akan berbicara.

Menyentuh Ujung Hidung, Bibir Atau Telinga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tubuh manusia punya 'alarm' untuk melindungi diri dari orang lain, terlebih saat berbohong. Saat berbohong, berarti seseorang sedang menutupi sesuatu. Maka kegelisahan ini sering diwujudkan dengan gerakan-gerakan ringan yang sering tidak disadari.

Perhatikan, jika pria di hadapan Anda tiba-tiba terlihat panik dan grogi lalu menyentuh atau mengusap ujung hidung, berarti ada yang dia tutupi. Jika dia menyentuh bibir atau ujung bibir, ada yang dia sembunyikan dan tak mau diucapkan. Begitu juga jika dia tiba-tiba menggosok pelan daun telinganya, wah dia sedang grogi tuh takut ketahuan.

Menatap Anda Dengan Wajah Tegang

Dia sedang menatap wajah Anda dan tampak serius? Jangan keburu senang dulu. Ada beda antara pria yang menatap Anda karena kagum dan karena berbohong. Pria yang kagum akan menatap Anda dengan wajah yang manis dan senyum bahagia yang tidak dapat disembunyikan. Suasana pun terasa mengalir dan Anda bisa merasakannya.

Tetapi jika dia menatap Anda dengan pandangan yang tegang, itu adalah tanda bahwa otaknya sedang mencari jalan keluar. Biasanya pria sedang dalam kondisi terjebak. Menatap Anda sebagai pengalihan bahwa di dalam kepalanya sedang tersusun strategi bagaimana caranya agar kebohongan tidak terungkap. Jadi waspadalah, tak semua tatapan pria menandakan dia terpesona dengan Anda.

Grogi dan Menggoyangkan Kaki

Pria sudah pasti akan grogi saat sedang berbohong atau saat merasa kebohongannya akan terbongkar. Pria jauh lebih 'payah' soal menjaga bahasa tubuh dan mimik wajah ketimbang wanita, maka mereka lebih sering kedapatan grogi yang kentara di wajahnya. Biasanya pria akan mengalihkan groginya pada gerakan-gerakan yang kentara.

Misalnya saja tiba-tiba dia menggoyangkan kakinya. Bisa juga dia berkali-kali minum air yang ada di hadapannya dengan sangat canggung. Bisa juga dia tiba-tiba mengambil handphone dan tampak sibuk, padahal itu hanya pengalihan saja untuk menutupi groginya. Maka pekalah melihat gerakan-gerakan tersebut.

Mengalihkan Pembicaraan dan Bermanis-Manis

Namanya saja berbohong, pasti rasanya menyakitkan (walau dengan alasan "demi kebaikanmu"). Biasanya pria akan merasa bersalah sedang berbohong. Seringkali mereka bermanis-manis bibir dengan memuji Anda, memuji apa yang Anda pakai atau pujian yang terasa berlebihan. Pokoknya tiba-tiba dia jadi aneh.

Ditambah lagi jika dia membelikan ini dan itu padahal tidak ada yang spesial. Maka berhati-hatilah, seikat bunga bisa menandakan perhatian pada Anda atau sebaliknya, sebagai upaya untuk menutupi rasa bersalahnya karena telah membohongi Anda. Jadi jangan senang dulu ya kalau dibelikan hadiah oleh si dia.

Anda punya cara lain untuk mendeteksi kebohongan pria? Silakan share di kolom komentar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading