Sukses

Lifestyle

What is Love? 6 Hal Tentang Cinta yang Sering Kita Lupakan

Ladies, ketika ditanya apa itu arti cinta, jawaban apa yang akan Anda berikan? Setiap orang pastinya punya definisi tersendiri tentang cinta. Cinta itu kesabaran. Cinta itu saling memberi. Cinta itu ketulusan. Cinta itu tak menuntut balas. Cinta itu kebahagiaan. Kalau dirunut lebih jauh lagi, pasti ada lebih banyak kata yang mendeskripsikan cinta.

Kita sering lupa bahwa cinta itu bukan sekadar rasa yang dirasakan oleh pria dan wanita dalam hubungan asmara. Cinta itu mencakup semua aspek dalam kehidupan kita. Cinta ada dalam kehangatan keluarga yang kita miliki. Cinta juga ada dalam setiap hal yang kita lihat setiap hari. Cinta akan selalu hadir dan menempel lekat dalam keseharian kita. Dan inilah enam hal tentang cinta yang sering kita lupakan. Keenam hal ini akan membuka mata kita lebih lebar lagi dalam memaknai cinta dan untuk bisa mendapatkan kebahagiaan yang kita impikan sejak dahulu.

So, what is love? Let's find out the answer here!

(vem/nda)

Cinta Itu Pilihan

Cinta karena merasa terpaksa itu bukan cinta sejati namanya. Cinta itu pilihan. Kita memilih seseorang untuk kita cintai. Kita pun memilih untuk mau dicintai orang lain. Kita juga memilih untuk melakukan semua yang terbaik untuk orang yang kita cintai. Hidup ini persoalan memilih. Begitu pun cinta. Cinta tak akan pernah hadir dalam hidup kita jika kita tak memilih untuk mencintai.

[startpuisi]No one else can make you fall in love with him or her, no matter how hard they may try. (Abigail Adams via LifeHack)[endpuisi]

Perasaan cinta itu bukan perasaan yang menyiksa. Itulah kenapa kita bisa merasa sangat bahagia ketika kita menjadikan cinta itu sebuah pilihan. Saat kita sudah memilih sesuatu sesuai dengan kata hati, maka hidup akan terasa lebih berwarna. Kalau pun ada masalah atau konflik karena rasa cinta yang kita miliki, kita pasti bisa menyelesaikannya.

Cinta Itu Butuh Waktu

Dengan waktu, cinta sejati akan semakin kuat seiring tumbuhnya rasa percaya. Pernahkah Anda merasa aneh ketika Anda jatuh cinta pada seseorang yang dulunya sangat Anda benci? Itulah besarnya kekuatan waktu. Seperti ungkapan dalam bahasa Jawa, "Witing tresno jalaran soko kulino." Semakin sering Anda menghabiskan waktu dengan seseorang, maka rasa cinta itu akan tumbuh dengan sendirinya.

Tapi bagaimana dengan cinta pada pandangan pertama? Well, waktu juga berperan di dalamnya. Di saat yang tepat dan tak terduga, seseorang bisa merasa jatuh cinta pada orang yang baru ditemuinya. Sekali lagi saat yang tepat dan terduga, bukankah ada peran waktu juga di dalamnya?

Untuk memastikan apakah Anda benar-benar mencintai orang yang dekat dengan Anda, Anda pun butuh waktu untuk mengenalnya lebih dalam. Mengenal karakter, kepribadian, dan semua sikap yang dimiliki seseorang tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Semua perlu proses dan juga kesabaran, bukankah begitu Ladies?

Cinta Itu Perjuangan

Ingin membuat hubungan Anda makin rukun dengan pasangan? Ingin kehangatan keluarga Anda tetap terjaga dan harmonis? Ingin rasa cinta Anda pada bidang yang Anda geluti tetap membara? Untuk mencapai semuanya, Anda harus berjuang.

[startpuisi]Love is a verb. Love is an action. Love requires effort and hard work to be fully realized. (Abigail Adams via LifeHack)[endpuisi]

Rasa cinta akan berakhir hampa dan sia-sia saat sudah tak ada lagi usaha keras untuk memperjuangkannya. Memang ada pengorbanan di dalamnya, berkorban secara fisik dan mental. Layaknya tunas, cinta juga perlu dirawat dan disiram setiap hari untuk bisa tumbuh subur dan kuat. Mungkin dulu Anda pernah merasa terluka karena cinta, tapi kini saatnya Anda berjuang untuk menjadikan masa lalu sebagai bagian dari pelajaran hidup. Memikirkan bagaimana nantinya nasib cinta Anda di masa depan terkadang begitu menyiksa. Tapi lagi-lagi Anda juga perlu berjuang untuk memastikan bahwa tak ada yang perlu diragukan atau ditakutkan di masa depan.

Cinta Itu Tak Selalu Sempurna

Untuk mencintai orang lain dan dicintai oleh orang lain, kita perlu mencintai diri kita sendiri. Kita tak bisa menuntut orang lain mau mencintai diri kita jika diri kita sendiri tak mau menerima semua kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Anda pasti pernah merasa Anda begitu menyayangi dan mencintai seseorang padahal orang tersebut tidaklah sempurna di mata Anda. Anda tahu kedua orang tua Anda mungkin bukanlah orang paling sempurna yang Anda kenal, tapi perasaan cinta yang Anda miliki begitu kuat padanya.

Tapi itulah cinta. Ia memang tak bisa selalu menyempurnakan diri kita. Tapi kitalah yang akan membuat cinta itu bisa melengkapi diri kita. Hidup akan dipenuhi berbagai masalah dan konflik. Begitu juga dengan cinta. Ada pengalaman yang manis dan pahit ketika kita mencintai dan dicintai.

Saat menjalin hubungan asmara misalnya, hubungan Anda akan bertahan lama dan langgeng saat Anda dan pasangan Anda bisa selalu melakukan yang terbaik atas nama cinta. Karena Anda tahu bahwa cinta tak selalu sempurna, maka Anda akan terus berjalan ke depan dengan keteguhan hati.

Cinta Itu Penuh Kejutan

Apa sih yang membuat hidup terasa menyenangkan dan lebih berwarna? Jawabannya tak lain adalah karena adanya kejutan-kejutan di dalamnya. Begitu pun dengan cinta. Cinta akan memberi Anda banyak kejutan. Saat ini Anda mungkin masih saja bertanya-tanya kapan jodoh akan hadir dalam hidup Anda. Tapi siapa sangka nanti sang jodoh akan hadir di saat yang tak terduga dan tak pernah Anda bayangkan sebelumnya?

[startpuisi]Love usually happens when we least expect it. Love does not happen according to our schedule. (Abigail Adams via LifeHack)[endpuisi]

Ada air mata dan tawa dalam cinta. Perasaan Anda pun bisa diaduk-aduk dan hidup Anda bisa terasa jungkir balik ketika Anda mencintai dan dicintai. Hal-hal terduga bisa terjadi dalam hidup Anda karena cinta. Ya, kejutan kecil dan besar bisa mendadak hadir dalam hidup hanya karena sebuah rasa cinta.

Cinta Itu Komitmen

Cinta putus di tengah jalan? Konflik kecil dalam hubungan bisa memicu pertengkaran hebat? Mungkin tidak ada komitmen di dalamnya. Pasangan kekasih akan memutuskan untuk mantap menikah ketika sudah sama-sama memiliki komitmen membangun rumah tangga bersama. Anda pun pasti akan percaya pada pasangan Anda sepenuhnya saat pasangan Anda sudah terbukti memberikan komitmennya mencintai Anda dengan semua kekurangan dan kelebihan yang Anda miliki.

[startpuisi]“You cannot convince people to love you. This is an absolute rule. No one will ever give you love because you want him or her to give it. Real love moves freely in both directions. Don’t waste your time on anything else.” (Cheryl Strayed)[endpuisi]

Ladies, apakah Anda punya definisi sendiri tentang cinta? Atau Anda punya pengalaman tak terlupakan yang berkaitan dengan mencintai dan dicintai? Share your words with us :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading