Sukses

Lifestyle

Saatnya Anda Belajar 'Move On' dan 'Let It Go'

Ladies, kata 'move on' atau 'let it go' tidak melulu soal hubungan cinta, tapi bisa jadi juga tentang masa lalu Anda. Baik tentang mantan pacar, pekerjaan, keluarga, teman, atau kegagalan diri yang pernah terjadi pada diri Anda. Intinya, sudahkah Anda membebaskan masa lalu Anda?

Ada kalanya ketika seseorang pernah mengalami kegagalan, ia akan merasa ketakutan untuk mencoba kembali. Ambil contoh misalnya ketika Anda purus dengan pacar Anda. Bahkan setelah beberapa tahun berlalu dan Anda terlihat baik-baik saja dan sudah move on, ketika bertemu dengan orang baru yang membuat Anda tertarik, seringkali Anda merasa ketakutan dengan sendirinya. Apa ya penyebabnya?

Adanya rasa kekosongan

Setelah menjalin hubungan yang cukup lama, ketika putus akan ada rasa kekosongan tersendiri. Beberapa orang memang bisa langsung move on, tapi ada juga yang tenggelam dalam kekesongan yang kemudian ditutupi oleh pekerjaan atau teman-teman. Namun hal ini pada akhirnya tetap tidak berhasil dan justru membuat Anda takut menemukan pasangan baru. 

Berpisah Bukan Berarti Memaafkan

Ketika Anda putus karena kesalahan-kesalahan yang terakumulasi, terkadang masalah ini dibiarkan begitu saja tanpa dibahas dan Anda justru memilih untuk mengakhiri hubungan. Ketika Anda setuju untuk berpisah, itu bukan berarti sudah memaafkan.

Untuk Apa Usaha Kalau Akan Gagal Kembali

Setelah melalui hubungan yang cukup lama namun kandas di tengah jalan, Anda seringkali merasa banyak hal yang tidak akan bisa Anda temukan di diri orang lain. Bukan karena tidak mau berusaha, tapi yang ada dalam pikiran adalah, 'untuk apa usaha kalau nantinya akan gagal kembali?' Pikiran ini muncul karena Anda belum bisa memaafkan kegagalan hubungan Anda yang terakhir.

Sebenarnya, kedatangan orang baru di hidup Anda bukanlah penyebab ketakutan tersebut. Namun selama ini Anda terus menutup diri bahkan dari diri Anda sendiri. Tiba-tiba masa lalu Anda mulai datang dan ingin diperhatikan.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengakui bahwa Anda punya masalah dalam meninggalkan masa lalu. Anda bisa berbicara dengan orang tua, teman, atau juga diri sendiri. Ada hal-hal yang belum bisa Anda terima dan maafkan bahkan setelah bertahun-tahun melewatinya. Pastikan Anda memilih orang yang tepat dan terpercaya karena proses awal membuka diri ini akan terasa berat untuk Anda.

Proses selanjutnya adalah belajar memaafkan. Anda perlu kemampuan untuk memaafkan diri sendiri, orang lain, dan situasi. Tidak ada yang bisa Anda kontrol selain cara Anda melihat segala hal yang tejadi.

Jadi, sudah siapkah Anda berpisah dengan masa lalu? Belajarlah memaafkan kegagalan masa lalu Anda bersama SETIPE.COM.

 

(vem/setipe.com/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading