Sukses

Lifestyle

Curhat Cinta: Komunikasi Semakin Jarang dan Sulit, Pertahankan Atau Tinggalkan?

Dear mas Satria dan Vemale.com,

Saya A, usia 20 tahun.

Tahun ini merupakan tahun terberat dalam hidup saya, terutama untuk urusan cinta. Di awal tahun saya putus dengan kekasih yang sudah bersama selama 3 tahun. Kemudian saya move on dan menjalin LDR dengan seorang tentara. Namun 2 bulan kemudian saya ditinggalkan tanpa alasan.

Saat ini saya sedang menjalin hubungan dengan seorang tentara (lagi). Seiring berjalannya waktu, saya merasa hubungan saya dan dia tidak normal. Semua berawal ketika dia tidak diijinkan menggunakan alat komunikasi karena terlibat masalah di satuan tempat dia bertugas. Semenjak saat itu, saya dan dia sulit sekali untuk berkomunikasi dan bertemu. Padahal kami tinggal satu kota. Beberapa bulan ini saya hanya bisa menunggu kabar darinya dan menunggu dia mengajak bertemu. Satu bulan pertama, komunikasi dan intensitas pertemuan kami lancar. Dia masih sering menyempatkan waktu untuk menelepon saya, meskipun itu menggunakan handphone orang lain dan sebentar. Dia bahkan rela menemui saya walaupun sedang bertugas.

Namun semakin ke sini, komunikasi di antara kami semakin jarang. Kami juga sulit sekali untuk bertemu. Sekarang saya ada dalam kondisi serba salah. Saya tidak bisa menuntut apapun karena kondisi ini adalah keputusan yang telah dibuat oleh satuan tempat dia bertugas.

Saya mulai lelah dengan kondisi ini. Apa yang harus saya lakukan? Apakah saya harus putus atau bertahan? Jika saya harus putus apa alasan yang harus saya sampaikan?

Saat ini banyak pikiran negatif yang selalu muncul di pikiran saya. Saya takut dicampakkan lagi, mengingat sebelumnya saya mengalami dua kali kegagalan dan membuat sakit hati.

Mohon solusi untuk masalah saya ini. Terima Kasih

 

JAWABAN:

 

Halo A,

Oke, tidak semua orang bisa kuat dan tabah seperti kamu saat melewati masa-masa sulit. Kamu hebat bisa kuat bertahan.

Coba ubah dulu keyakinanmu bahwa "Tahun ini merupakan tahun terberat dalam hidup saya,". Why? Karena itu keyakinan negatif, mentalmu bisa semakin ciut. Padahal kamu tahu bawa tidak ada tahun yang paling berat atau paling ringan. Semua sama, sama-sama ada ujian yang datang dari Tuhan.

Apa yang kamu yakini bisa jadi kenyataan, jadi saya harap kamu bisa berhati-hati dalam meyakini sesuatu. Di sisi lain, apa yang kamu takuti bisa jadi bukan realita yang sesungguhnya.

Perlahan, ubah sudut pandang kamu ketika menyikapi keadaan yang ada. Keadaan saat ini bisa membaik atau bahkan jadi sangat buruk, semua tergantung dari bagaimana kamu memandang dan menyikapinya.

Jadi tenanglah, tak perlu cepat mengambil keyakinan bahwa kamu saat ini atau kemarin sedang ditimpa masalah besar. Tuhan memberi ujian sesuai dengan porsinya, tidak kurang dan tidak lebih, usahakan untuk tetap tenang, agar kamu dapat mengendalikan apa yang kamu rasakan.

Katakan ini pada dirimu dan Tuhan:

"Tuhan, jika memang dia yang terbaik untuk saya, maka ikhlaskan hati saya untuk menerima dia. Ubahlah hatinya menjadi lebih baik lagi agar dia dapat mencintai saya karenaMu. Persatukanlah kami dengan caraMu yang anggun. Namun jika dia bukan yang terbaik untuk saya, maka jauhkanlah dia dengan caraMu yang bijak, dan kuatkan hati saya untuk menerima kenyataan ini. Sembuhkan luka hati saya bila nanti memang ada,".

Setelah itu, silahkan kamu memberi kesempatan pada Tuhan untuk memberikan jawaban dan jalan yang terbaik untukmu. Cinta butuh kepastian, bila dia memang jodohmu maka Tuhan akan memberi jalan untuk mempersatukan kalian.

Sekian jawaban saya, semoga ada manfaatnya :)

 

 

Satria Utama (@Satria_cs)

Dating & Relationship Coach Indonesia

Website: satriautama.tumblr.com

Informasi pendaftaran private coach:

082125998332 (No SMS)

------

Sedang ada masalah cinta atau galau karena hubungan asmara? Silakan kirim curhat kamu ke email: wenny@kapanlagi.net. Jangan khawatir, nama dan alamat email pengirim akan dirahasiakan.

Curhat dan konsultasi kamu akan dijawab oleh pakar cinta Satria Utama dari Dating & Relationship Coach Indonesia. Kalau curhat ke teman malah bikin galau, curhat ke Vemale.com saja ;)

------

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading