Sukses

Lifestyle

Curhat Cinta: Saya Takut Tidak Diterima Apa Adanya Karena Pernah Melakukan Hubungan Terlarang

Dear mas Satria dan Vemale.com,

Saya W, usia 20 tahun.

Saya pernah membina hubungan 3 tahun bersama seorang pria. Awalnya kami menjalin hubungan yang amat serius hingga suatu saat kami melakukan hubungan yang terlarang. 3 tahun kemudian kami berpisah.

Saya tidak menyesal karena saya percaya tidak ada yang kebetulan, semua sudah di atur oleh takdir.

Sekarang saya masih belajar untuk melayakkan diri. Namun yang saya khawatirkan adalah ketika saya menjalin hubungan dengan pria lain, tapi pria itu tidak bisa menerima saya apa adanya.

Apakah saya harus meminta pertanggungjawaban pada mantan kekasih saya dan memberitahu keluarganya tentang apa yang kami lakukan ?

Semoga mas Satria bisa memberi saya nasihat agar saya tidak salah melangkah.

Terima kasih

 

JAWABAN:

 

Hai W,

Yang lalu biarlah berlalu, karena Tuhan Maha Pengampun. Apa yang sudah kamu alami jadikan sebagai pelajaran berharga yang tak boleh terulang kembali. Maafkan dirimu, maafkan dia yang sudah pergi dari hidupmu. Bila kamu ingin memulai sesuatu yang baru, maka tidak boleh ada lagi ketakutan dan kebimbangan karena trauma pada cerita yang sudah berlalu.

Bila saat ini kamu sedang belajar untuk melayakkan diri, maka cobalah untuk sepenuhnya belajar. Jika kamu sudah mendapatkan pemaafan dari dirimu sendiri atas kesalahan yang sudah pernah kamu lakukan dulu, maka hiduplah dengan kedamaian.

Kita bisa diterima oleh orang lain apa adanya, jika kita sendiri bisa menerima diri kita apa adanya.

Tuhan akan memberikan hakmu jika kamu sudah terlihat layak di mata-Nya. Kelak, jika Tuhan memberikan pasangan atau pendamping hidup untukmu, maka Dia pun akan memberikan seseorang yang siap menerimamu apa adanya dan ada apanya.

Pada umumnya, tidak ada satu orang pun yang bisa menerima atau bersatu dengan seseorang yang hanya apa adanya tanpa dibarengi dengan ada apanya. Cinta datang karena apa adanya dan ada apanya. Bagus karena kamu sedang belajar untuk melayakkan diri, berarti kamu sedang membangun "ada apanya" pada diri dan hidupmu.

Jangan risaukan tentang seseorang di masa depan, fokus saja pada perbaikan yang kamu ciptakan untuk hari ini. Masalah seseorang di masa depan bersedia menerimamu atau tidak, itu bukanlah urusan manusia (kamu), itu semua kuasa Tuhan yang Maha Membolak Balik Hati.

Semoga jawaban ini bisa bermanfaat untuk W.

 

 

Satria Utama (@Satria_cs)

Dating & Relationship Coach Indonesia

Website: satriautama.tumblr.com

Informasi pendaftaran private coach:

082125998332 (No SMS)

------

Sedang ada masalah cinta atau galau karena hubungan asmara? Silakan kirim curhat kamu ke email: wenny@kapanlagi.net. Jangan khawatir, nama dan alamat email pengirim akan dirahasiakan.

Curhat dan konsultasi kamu akan dijawab oleh pakar cinta Satria Utama dari Dating & Relationship Coach Indonesia. Kalau curhat ke teman malah bikin galau, curhat ke Vemale.com saja ;)

------

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading