Sukses

Lifestyle

Introvert dan Extrovert Juga Bisa Memiliki Hubungan Romantis Kok!

Beberapa orang tidak ingin memiliki pasangan dengan sifat yang sangat bertolak belakang. Apalagi jika perbedaan tersebut tentang kepribadian mendasar seperti introvert dan extrovert. Padahal berbeda itu justru membuat Anda dan pasangan saling melengkapi lho, Ladies.

Dua kepribadian yang berbeda bukan berarti akan membuat kisah cinta Anda dan pasangan tidak akan bertahan, tapi justru sebaliknya. Nah, berikut ini beberapa tips hubungan romantis introvert dan extrovert yang ditulis oleh seorang psikolog, Dembling (2011).

Berbeda Itu Indah

Ingat Ladies, introvert dan extrovert hanyalah nama jenis kepribadian. Seorang introvert belum tentu lebih baik dari extrovert, begitu juga sebaliknya. Perbedaan ini ada untuk Anda hargai. Lagipula dengan memiliki pasangan dengan kepribadian yang bertolak belakang, hubungan Anda akan lebih seru dan menyenangkan!

Berbeda Itu Bisa Jadi Penyeimbang

Memiliki pasangan dengan sifat yang bertolak belakang memiliki banyak keuntungan, lho. Dengan bersama si extrovert, orang dengan kepribadian introvert akan memiliki peluang lebih untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Sementara itu, si introvert bisa membuat suasana rumah menjadi lebih tenang dengan sifat mereka. Nah, Anda bisa memanfaatkan perbedaan ini untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda.

Buat Peraturan Sosial

Kunci kesuksesan hubungan antara si introvert dan extrovert adalah komunikasi dan jujur atas keinginan masing-masing. Jika si extrovert ingin menikmati kebersamaan dengan teman-temannya, tidak perlu mengajak pasangan yang bersifat introvert. Begitu juga sebaliknya, jika si introvert ingin menikmati waktu sendiri, mereka harus bisa bilang ke pasangan untuk tidak diganggu sementara. 

Tetap Nyaman di Luar Zona Nyaman

Ada kalanya pasangan introvert dan extrovert akan merasa saling tidak nyaman pada situasi tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu untuk saling membuat kesepakatan sebelum datang ke acara tersebut. Buatlah kode antara Anda dan pasangan, misalnya jika Anda sudah menguap, itu artinya Anda sudah tidak nyaman dan ingin segera pulang.

Peraturan Telepom

Seorang introvert biasanya lebih suka komunikasi melalui teks seperti sms, sedangkan extrovert lebih suka berbicara di telepon. Nah, agar tidak terjadi masalah, buatlah variasi dengan bicara lewat text dan telepon.

Negosiasi "Waktu Tenang"

Waktu merupakan hal yang sangat penting bagi seoran introvert. Komunikasikan dengan pasangan kebutuhan Anda. Buat saja kesepakatan bahwa jika sedang berdua, Anda akan fokus 100% dengan pasangan.

Berbeda bukan berarti tidak bisa bersama, apalagi jika Anda memang benar-benar mencintai pasangan Anda. Kuncinya adalah komunikasi, saling menghormati, kasih sayang, dan empati. 

Ladies, sekarang saatnya Anda mencari tahu kepribadian Anda. Yuk ikuti tes ini untuk mencari tahu kepribadian Anda.

(SETIPE.COM/vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading