Sukses

Lifestyle

Bahaya Sering Mencatok Rambut, Mulai Rambut Terbakar Hingga Mudah Patah

Mencatok rambut, baik catok lurus atau ikal menjadi cara yang praktis untuk mempercantik rambut dan membuat penampilan tampak cantik. Namun Anda harus semakin bijak saat memutuskan akan mencatok rambut, karena semakin sering Anda mencatok, semakin besar kerusakan yang akan terjadi pada rambut Anda. Apalagi, jika Anda sering mencatok rambut dalam keadaan basah atau setengah kering, kerusakan akan semakin parah.

Dilansir oleh Huffingtonpost.com, Dr. Jessica Krant, M.D., M.P.H menjelaskan beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada rambut yang sering dicatok.

Rambut Terbakar

Bila Anda menemukan tanda-tanda kerusakan yaitu ujung rambut bercabang, kasar bahkan warna rambut hitam berubah cokelat kemerahan hingga kuning, itu adalah tanda bahwa rambut Anda sering terbakar atau terkena panas dalam jangka waktu yang lama.

"Rambut yang sehat memancarkan kilau alami. Kilau tersebut menjadi tanda bahwa rambut Anda sehat dan tampak halus. Namun bila rambut sering terpapar panas , maka lapisan rambut lama-lama akan rusak dan tidak berkilau," ujar Dr. Jessica.

Rontok dan Mudah Patah

Selain mengalami kerusakan dan tidak berkilau, rambut yang terlalu sering diterpa panas akan semakin rapuh. Sehingga tidak perlu heran jika rambut Anda mudah patah dan kasar. Selain itu, penggunaan catok dapat meningkatkan risiko rambut rontok dan rambut sulit tumbuh kembali. Maka usahakan rambut Anda tidak terlalu sering dicatok.

Kering dan Kusam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rambut yang terlalu sering terkena panas akan mengalami kerusakan akibat berkurangnya kelembaban rambut dari dalam. Helai rambut yang terkena panas terus menerus akan kering, mudah patah, kasar dan makin sulit diatur. Jika kondisi ini Anda alami, segera lakukan perawatan memakai hari mask secara rutin.

Semoga artikel ini bisa membuat rambut Anda tetap sehat. Catoklah rambut sesekali saja dan jangan dalam keadaan basah. Akan lebih bagus jika Anda memberi serum atau pelembab rambut sebelum mencatok.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading