Sukses

Lifestyle

Berburu Belahan Jiwa di Pasar Jodoh Shanghai Market, China

Masalah jodoh terkadang menjadi masalah yang cukup membuat pusing. Di beberapa budaya, usia-usia tertentu dianggap sebagai usia matang untuk berumah tangga, misalnya 25 tahun. Tetapi bagaimana jika jodoh tak kunjung datang? Apakah kita hanya bisa berdiam diri atau kita harus berusaha seperti yang terjadi di Shanghai ini?

Dilansir oleh amusingplanet.com, setiap hari Sabtu dan Minggu siang hingga jam 5 sore, tak peduli bagaimanapun cuacanya, masyarakat memenuhi taman rakyat di Shanghai, China. Kebanyakan yang datang adalah para orang tua yang memiliki anak yang belum menikah. Tujuannya adalah untuk bergabung dalam pasar jodoh yang diadakan di sana. Wah, seperti apa sih penuh sesaknya pasar unik satu ini?

Ternyata, pada dinding taman ini, ratusan kertas berisi data diri dan pesan digantung oleh para orang tua. Pada kertas tersebut ditulis hal-hal yang menggambarkan sang pencari belahan jiwa, misalnya nama, alamat, pekerjaan, hingga berat dan tinggi badan. Karena masyarakat China sangat percaya dengan perhitungan nasib, tak lupa juga shio dan zodiak juga ikut dituliskan. Lucunya, tak hanya berhenti sampai pada acara memasang data diri sang anak, para orang tua pun berkeliling dan mengobrol dengan para orang tua lainnya, siapa tahu ada yang cocok.

Walaupun hak untuk memilih pasangan telah lama digaungkan di China, tetapi para orang tua masih merasa perlu untuk mengatur anak-anak mereka. Alasannya, karena anak-anak mereka terlalu sibuk dan tidak aktif mencari. Secara tradisional pun, perjodohan pun masih sangat lekat dalam budaya masyarakat.

Pasar jodoh di Shanghai ini hanyalah salah satu dari beberapa pasar terbuka lainnya di China. Meskipun ribuan orang tua rajin mengunjungi pasar ini di akhir pekan, ternyata tingkat keberhasilan mencarikan jodoh untuk sang anak terhitung masih rendah. Banyak orang tua yang harus kembali bulan demi bulan, bahkan tahun demi tahun untuk mencarikan belahan jiwa sang anak. Hmm, yang namanya jodoh itu memang harus dicari dengan usaha, tetapi pilihan tetap ada pada tangan masing-masing orang, bukan? Seperti apa sih suasanan pasar jodoh ini? Yuk kita simak dalam galeri foto berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading