Sukses

Lifestyle

5 Alasan Pria Takut Pada Komitmen

Takut pada komitmen sih enggak, hanya saja kalau ditantang untuk menikah, eumm... pikir-pikir dulu deh.

Pria jaman sekarang lebih banyak membutuhkan waktu untuk memikirkan soal pernikahan. Sekalipun sudah berpacaran bertahun-tahun, rasanya tidak mudah untuk mengubah status hubungan pacaran jadi pernikahan.

Alasan utama yang kerap dipakai pria untuk menunda pernikahannya adalah masih ingin berkarier. Seolah-olah memang mereka yang belum menikah ada jaminan karier yang pasti lebih sukses daripada yang sudah menikah. Faktanya sih tentu tidak demikian. Sukses tidaknya sebuah karier ditentukan oleh besarnya usaha dan bagaimana seseorang memanfaatkan kesempatan yang ia punya.

Sebenarnya apa sih yang membuat pria takut pada komitmen?

Dilansir Boldsky.com, terkuak suara hati pria yang mengaku inilah alasan sebenarnya mereka takut berkomitmen.

Tidak ingin kehilangan kebebasan

Mau tidak mau memang harus diakui bahwa ketika pria sudah menikah, kebebasannya akan berkurang. Pria jadi tak bisa dengan bebas lirik kanan kiri, pria akan takut kehilangan ketika melakukan ini atau itu, ia juga sudah punya tanggung jawab dan terikat pada komitmen sehingga untuk melakukan sesuatu hal ia harus berpikir ulang.

Sulit meninggalkan kebiasaan lama

Sebagian pria sudah terbiasa dikelilingi banyak wanita. Ketika harus memutuskan untuk berkomitmen, otomatis ia harus merelakan momen-momen menyenangkan dikelilingi banyak wanita. Padahal, momen tersebut sangat membantu pria meningkatkan kepercayaan dirinya.

Takut kecewa

Ketakutan pria akan komitmen yang terbesar adalah takut kecewa. Karena merasa belum yakin dengan pasangan, ia takut apabila suatu hari nanti pilihannya itu salah. Harapan toh tidak selalu sama dengan kenyataan. Bila suatu saat nanti ternyata wanita yang dipilih tak bisa membuatnya bahagia, pria akan menyesal seumur hidup. Inilah mengapa mereka seringkali menunda dan menundanya.

Tidak ingin lekas dewasa

Pria berbeda dengan wanita. Ketika wanita ingin lekas dewasa dan melakukan banyak hal yang ingin dilakukan, di saat itu pria malah takut apabila ia lekas tumbuh dewasa.

Ketika dewasa, memang banyak yang bisa dilakukan, tetapi dalam budaya patriarki, pria adalah sosok yang harus bertanggung jawab atas banyak hal. Nah, inilah ketakutan pria yang tak kalah besar dibandingkan kehilangan kebebasan. Pria takut kalau ia gagal.

Tak bisa setia

Sebagai makhluk yang dominan, pria diciptakan punya banyak keinginan untuk dipenuhi. Mereka juga tahu benar bahwa dirinya adalah sosok yang sangat mengagumi keindahan fisik, sehingga ketika sudah menetapkan hati pada seorang wanita, selalu ada ketakutan apabila suatu hari nanti ada wanita lain yang juga memikat hatinya.

Sangatlah penting untuk memahami pria dari segala sisinya. Dan apabila memang saat ini Anda ingin mengajaknya berkomitmen lebih serius, pahami ia lebih baik agar ia tak sampai merasa tertekan dan ia sadar bahwa ia siap menjalani komitmen tersebut.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading