Sukses

Lifestyle

Ribut Dengan Pasangan Bakal Bikin Anda Berumur Pendek

Keuangan, ibu mertua sampai program TV rasanya bisa jadi bahan pertengkaran yang umum untuk Anda yang sudah berumah tangga. Malah, ini adalah topik yang tidak berujung, selalu saja timbul ribut kecil di antara Anda.

Walaupun beradu argumen memang bagus untuk kesehatan emosi karena dengan ini kita bisa melampiaskan emosi dan tidak memendam pikiran, ternyata menurut peneliti kesehatan ini tidaklah baik untuk kesehatan. Sebuah studi yang sudah berjalan selama 20 tahun meneliti tentang kehidupan pernikahan menyatakan bahwa pasangan yang tidak beradu argumen justru akan hidup lebih lama dan sehat daripada pasangan yang sering bertengkar.

Penelitian ini dilakukan dengan cara yang sederhana. Beberapa pasangan diberi pertanyaan dan akan diminta untuk mengukur kadar kesehatan mereka dari poor (buruk) hingga excelent dan juga akan ditanyai tentang rutinitas adu argumen, tingkat kebahagiaan dan kualitas hidup mereka pribadi. Hasilnya pun mencengangkan, mereka yang banyak berselisih pendapat memiliki kesehatan yang lebih buruk dari mereka yang tidak.

Kaitan antara pernikahan bahagia dan kesehatan memang bisa lebih dilakukan jika keduanya saling menyemangati dan mendukung untuk saling memperhatikan pasangan. Itu yang dikatakan oleh Journal of Marriage and Family.

Pasangan yang bahagia biasanya lebih senang memasak dan makan makanan yang lebih sehat bersama daripada yang sering berselisih dan memutuskan untuk makan di restoran cepat saji. Terlebih, pasangan yang jarang berselisih juga memiliki kadar stres yang lebih kecil dan tentu ini akan mempengaruhi kebiasaan tidur mereka.

"Pernikahan yang bahagia menghasilkan komponen yang preventif yang mampu untuk menjaga Anda tetap sehat," ujar Rick Miller, pemimpin penelitian ini.

Ia juga menambahkan bahwa pasangan yang sering berselisih harus mendapatkan bantuan yang mungkin berupa konsultasi karena ini cepat atau lambat akan mempengaruhi kesehatan mereka.

Terlebih, di penelitian sebelumnya juga menghasilkan bahwa pernikahan yang tidak bahagia juga terkoneksi dengan rentan depresi, kebiasaan makan yang buruk dan merokok juga pola tidur yang tidak baik.

Nah, Ladies, untuk Anda yang sudah berpasangan resmi maupun yang belum resmi, ada baiknya memperhatikan ini. Apapun bentuknya, perselisihan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. mengkomunikasikan dua pikiran dengan kepala dingin adalah cara yang baik karena dengan begini keputusan dan hasil yang didapat juga akan lebih baik untuk dua pihak.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading