Sukses

Lifestyle

Inilah Aturan Main Bila Anda Berpacaran di Jejaring Sosial

Saat ini jejaring sosial menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan dan kebanggaan untuk memiliki akun pribadi mereka. Salah satunya adalah dengan informasi mengenai status hubungan seseorang. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan jejaring sosial sebagai media pacaran, namun masih sedikit yang mengetahui aturan main berpacaran via jejaring sosial.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pelajari sebelum Anda bermesraan di khalayak ramai dunia maya.

1. Pilihan Anda, Tanggung Jawab Anda

Anda bisa memilih apakah ingin mempublikasikan hubungan Anda dengan pasangan atau tidak. Namun yang jelas keputusan Anda untuk mempublikasikan hubungan maupun berpacaran di dunia maya adalah kembali menjadi tanggung jawab Anda dengan pasangan. Ketahui resiko yang mungkin ditimbulkan dan batas-batas yang harus Anda perhatikan.

2. Mengekspresikan Perasaan Lewat Jejaring Sosial

Mengutarakan kerinduan dan rasa cinta, kekecewaan dan sebagainya memang merupakan hak Anda. Namun perlu Anda perhatikan bahwa di dunia maya, siapapun bisa melihat Anda. Hubungan cinta Anda dengan pasangan pada dasarnya adalah sebuah privasi, oleh karena itu sebaiknya jangan mengungkapkan secara berlebihan. Kalau perlu, manfaatkan fitur lain seperti message atau gunakan saja gadget Anda untuk menghubunginya.

3. Perang Status dan Komen

Jangan membiasakan diri menyelesaikan masalah lewat jejaring sosial. Anda bukanlah penjual online dan customer yang melakukan transaksi via dunia maya, melainkan dua anak manusia di dunia nyata. Bila ada masalah, selesaikan dengan baik secara tatap muka. Perang status dan komen, apalagi sampai melibatkan orang lain, hanya akan memperburuk citra Anda di depan follower maupun teman Anda. Mungkin Anda bisa masa bodoh, namun cepat atau lambat, Anda akan merasakan dampaknya.

4. Pasang Foto Mesra

Tingkat kemesraan itu memang relatif. Namun banyak sekali orang yang senang mengumbar kemesraan secara berlebihan via Facebook maupun Twitter. Memang hal tersebut sudah menjadi hak Anda, namun ketika nanti hubungan Anda gagal, hal itu akan berbalik menjadi buah bibir bagi orang lain.

5. Hubungan Anda di Dunia Nyata

Ketahuilah bahwa hubungan Anda sebenarnya terjadi di dunia nyata. Dunia maya mungkin bisa menjadi wadah komunikasi, namun fungsinya lebih kepada pencitraan mengenai Anda dengan pasangan di mata orang lain. Jadi, jangan sampai dunia maya mengalahkan kualitas hubungan Anda dengan pasangan sebenarnya.

Menggunakan jejaring sosial memang harus bijaksana dan bertanggung jawab. Mungkin kita pribadi yang bisa cuek pada pendapat orang lain. Namun, akan lebih baik bila kita bisa menjalani hidup ini dengan lebih bijaksana. Setuju, Ladies?

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading