Sukses

Lifestyle

4 Cara Berkata Tidak

Kesulitan berkata tidak pada akhirnya akan membawa permasalahan bagi diri sendiri. Seperti misalnya saat seorang pria menyatakan cintanya. Dalam hati sih Anda tidak merasa tertarik dan justru sedang jatuh cinta pada temannya. Tapi, bagaimana ya cara menolaknya?

Tak usah bingung. Alice D. Domar, Ph.D, direktur Domar Center for Mind/Body Health di Massachusetts memberikan saran terbaik untuk menolak dengan 4 cara berikut:

Tidak! Penolakan secara mutlak

Tidak semua orang berani berkata mutlak "Tidak!" karena kesannya judes, angkuh, dan keras kepala. Apalagi bagi kebanyakan orang penilaian orang lain cukup penting saat ini, tak heran jika orang yang berani berkata "Tidak!" di depan sangat langka.

Namun, ada kalanya penolakan mutlak ini harus berani ditunjukkan. Tujuannya adalah agar tidak dirayu-rayu, dibujuk-bujuk lagi dan memberi harapan palsu. Ketika ia berani tegas, maka permasalahan diharapkan berhenti di situ dan tidak berlarut-larut.

Tidak, karena... Penolakan yang disertai dengan alasan

Umumnya penolakan ini yang paling sering dipakai oleh seseorang. Alasan dibuat semaksimal mungkin agar si lawan bicara tidak merasa tersakiti dan tersinggung.

Misal:

"Tidak bisa, karena aku sudah menganggapmu seperti kakakku sendiri," jawaban dalam sebuah penembakan.

Tidak, tetapi... Penolakan namun disertai penawaran

Sebenarnya sih mau, tetapi harus ada syarat yang melatarbelakangi kesediaan tersebut. Biasanya hal ini dikemukakan lantaran merasa tidak enak atau berhutang budi.

Misal:

"Tidak bisa, tetapi bagaimana kalau aku mengenalkanmu pada sepupuku yang mirip sekali denganku," jawaban dalam sebuah penembakan.

Resikonya dalam penawaran, si lawan bicara akan merasa kecewa. Namun jika Anda bisa memberikan penawaran yang seimbang, kemungkinan besar ia akan bisa menerimanya.

Maaf, tidak bisa menjawab sekarang

Saat masih remaja dulu, rasanya malu-malu kalau harus menjawab pertanyaan pria yang sedang menembak Anda. Alhasil, Anda akan berkata, "boleh kupikirkan dulu?" Sebenarnya sah-sah saja sih, terutama jika memang Anda masih belum merasa yakin dan membutuhkan waktu untuk berpikir terlebih dahulu.

Kalau menurut Anda, mana cara mengatakan "tidak" yang paling mudah dan diterima?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading