Mengapa Sulit Melupakan Mantan?

Senin, 04 Februari 2013 18:00


(c) 123RF

Vemale.com - Vemale.com- Memang benar, putus cinta bukanlah hal yang mudah. Tak hanya bagi Anda, tapi bagi semua orang, termasuk pria. Namun, terkadang cukup sulit bagi wanita untuk melupakannya. Pacarannya sih hanya 5-6 bulan tetapi melupakannya tak cukup dalam 2 tahun. Bisa-bisa malah terbayang-bayang seumur hidup, ya kan?

Kedengarannya memang aneh dan gila, sekalipun sudah memiliki kekasih baru, bahkan sudah jadi suami, Anda masih belum bisa melupakan si mantan.

Wajar saja kok hal ini terjadi, tetapi jangan biarkan berlarut-larut dan pada akhirnya mengganggu hubungan Anda saat ini.

Mengapa rasanya begitu sakit dan sulit dilupakan?

Siapa sangka bahwa jatuh cinta adalah sebuah reaksi kimia. Di mana di dalam otak hormon dopamine berjalan diimbangi dengan amphetamine PEA dan oxytocin. Hormon-hormon tersebutlah yang menyebabkan seseorang merasa bahagia saat sedang jatuh cinta. Namun, saat putus, maka hormon tersebut akan terurai menjadi serpihan, seperti dikutip dari YourTango.

"Perasaan tidak menyenangkan saat teringat mantan adalah seperti saat sedang kecanduan, menyakitkan," demikian ungkap Dr. Denise Wade, seorang coaching relationship dan counselor.

Hal tersebut didorong oleh pikiran yang kembali ingin merasakan kebahagiaan, padahal hal itu hanyalah tinggal kenangan. Karena hanya kenangan, dan tak dapat dipenuhi, maka yang terasa adalah perasaan sakit. Dalam beberapa kasus, secara emosi hal tersebut akan mendorong seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Melakukan sesuatu bisa hal positif dan negatif, misalnya: makan berlebihan, melukai diri sendiri, melatih fisik berlebihan, dan lain sebagainya.

Tidak melakukan sesuatu juga bisa merupakan hal positif dan negatif, semisal: tidak makan, tidak tidur, tidak lagi merokok, dan lain sebagainya.

Saat seseorang memilih melampiaskan lewat hal positif tentu saja ini sangat baik. Yang jadi masalah adalah ketika mereka memutuskan melakukan hal yang negatif, tentunya ini akan menimbulkan kerugian tak hanya baginya tetapi juga bagi orang lain.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melupakan mantan?

Berapa lama? hmm... semua kembali pada Anda, memang melupakan bukan hal yang mudah. Tetapi ketika Anda berpikir cukup realistis dan menyadari pentingnya untuk move on, maka setidaknya waktu 2 - 3 bulan cukup untuk Anda.

Berapa lama kemudian boleh memiliki pacar baru?

Masih terpikir oleh omongan orang lain yang menganggap Anda adalah sosok gampangan atau 'pelampiasan' semata saat kemudian Anda cepat punya pacar baru?

Wake up! Itu namanya move on. Ketika Anda tahu hubungan Anda berakhir, Anda berpikir bahwa life must go on dan Anda bertemu orang baru, maka Anda tak perlu ragu untuk menjalin hubungan dengannya.

Lupakan pendapat orang lain, toh Anda juga yang menjalani dan merasakan.

Bagaimanapun juga, cinta tak pernah ditebak kapan datang dan kapan perginya kan? Yang jelas, saat ia datang, tetap berusahalah membuatnya nyaman :)

(vem/re-bee)





ARTIKEL TERKAIT - LOVE
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...