Sukses

Lifestyle

2012 Tahun Bebas Patah Hati I

Vemale.com- Punya kekasih. Berbunga-bunga. Sakit hati. Putus. Single lagi. Menjalin tali asmara (lagi). Dibuat sakit hati (lagi). Lalu putus lagi. Kurang lebih itulah yang muncul di kepala kala Anda mengingat kembali rentetan kejadian yang mewarnai tahun 2011. Dari situ, sebuah gelar baru pun tersemat manis: Anda memang paling berpengalaman dalam bidang patah hati. Sementara di departemen asmara, melekatlah sebuah prestasi: tidak bisa mempertahankan jalinan cinta lebih lama dari usia pernikahan Kim Kardashian. Ouch.

Oke, mungkin Anda sudah terlampau sering mengalami yang namanya patah hati. It’s fine! Itu bukan akhir dunia. Sebagai fun fearless female, Anda harus belajar membiarkan diri mencari cara supaya alur asmara tak berhenti bergulir. Wanita-wanita seperti Rene Zellweger, Reese Witherspoon, hingga Sienna Miller pun membuktikan sendiri kalau gerbang asmara tak boleh terlalu lama terkunci rapat. Mereka tahu betul kalau ada banyak hal “meriah” dalam hidup yang tak boleh terlewatkan.

Patah hati kadang memang terlihat (dan terasa) bak “kejahatan” yang pelan-pelan menyiksa Anda. But the good news is, Anda tidak sendirian. Be confident: katakan berulang-ulang dalam hati kalau Anda adalah wanita cantik, sukses, dan atraktif di mata pria. Ini sudah cukup membantu Anda untuk tak mendramatisasi suasana sedih sampai berlarut-larut. Kedua, lihat kembali judul artikel ini baik-baik, dan tarik napas untuk mengucapkannya kencang-kencang. “2012, tahun bebas patah hati!” Sudah? Sekarang matikan lagu Someone Like You milik Adele yang bikin air mata semakin bercucuran. Cosmo sudah siapkan enam langkah untuk melawan serangan patah hati akut yang tengah melanda. Berlakukan prinsip ini mulai sekarang, ladies. Karena patah hati itu hanya diizinkan berlangsung hanya dalam waktu satu minggu sejak Anda putus. Setelahnya? Hidup harus jalan terus!

Fase 1 PUTUS ASA

Ini adalah masa-masa emergensi. Anda masih punya kontrol penuh apabila butuh waktu untuk meratapi apa yang baru saja menimpa, lengkap dengan tumpukan tisu di sekeliling. Jangan biarkan terus ini terjadi! Perhatikan apa yang dikatakan Jennifer Aniston setelah perceraiannya dengan Brad Pitt, “When you try to avoid pain, it creates greater pain.” Maka keluarkan semua rasa sakit hati itu supaya Anda tak akan lagi tergoda untuk mencurahkan emosi via status Twitter, atau parahnya, menjadikan pria lain sebagai sasaran pengalih patah hati.

Mana yang boleh dan tidak:

BOLEH berlari ke pelukan teman atau keluarga Anda. BOLEH menyimpan segala wujud barang yang membangkitkan kenangan pada si dia ke dalam sebuah boks. BOLEH mendengar setiap lirik lagu atau film yang menyayat hati. DILARANG membuang benda-benda pemberiannya. Karena suatu saat, Anda pasti ingin melihat untuk menertawakannya. DILARANG ke luar rumah, karena ada kemungkinan Anda akan bersandar di pelukan orang asing hanya untuk...CURHAT. DILARANG menghubunginya. Ketika rasa ingin meneleponnya datang, hapus nomornya dari ponsel Anda. Inilah cara yang terbaik.

Fase 2 HURTING, WHILE HEALING

Anda boleh kehilangan arah dan berada dalam pahitnya cobaan jalinan cinta seminggu ke belakang. Setelahnya? Anda tak boleh diam begitu saja dan malas memperbaiki diri. Sekarang saatnya Anda memikirkan apa yang terjadi dalam jalinan cinta Anda kemarin: apakah Anda terlalu pasif atau agresif? Terlalu dominan atau cenderung pengalah? Pokoknya kenali diri lebih dalam lagi. “Memahami penyebab kandasnya hubungan membantu Anda mengoreksi diri sebelum memulai hubungan yang baru,” ucap Denise Knowles. Jadi ketika Anda berpikir, “Saya tak akan bisa menemukan pria sebaik dia lagi,” dengan kepala mendongak Anda justru sudah berani bilang, “Masa sih? Ah, dia tak sesempurna itu kok.”

Saat pikiran negatif muncul, tumpas dengan manuver ini:

1. Ambil secarik kertas, lalu tuliskan surat yang Anda tujukan buat si dia. Isinya tak jauh-jauh soal sakit hati yang Anda rasakan ketika hubungan harus putus di tengah jalan. Ini bukan untuk dikirim, tapi untuk Anda bakar supaya Anda merasa lega.

2. Bikin playlist berisi lagu-lagu upbeat di iPod Anda sekarang. Do it now!

3. Amankan film-film seperti One Day, Crazy Stupid Love atau Jane Eyre untuk sementara waktu. Saatnya beralih ke The Help, atau tonton kembali Easy Auntuk mengembalikan suasana hati. [initial]

Bagian kedua

Source: Cosmopolitan Edisi Januari 2012, Halaman 159

(Cosmo/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading