Sukses

Lifestyle

Melupakan Mantan Memang Menyakitkan, Ini Cara Mudah Melakukannya

Masih sering galau karena mantan? Masih sangat sulit buat melepas kepergian mantan yang telah memporak porandakan isi hati? Emmm, yang namanya mantan terkadang memang bikin ribet, pusing, bingung bahkan uringan-uringan. Apalagi, jika si mantan masih menjadi sosok yang begitu diimpikan, sosok yang diinginkan dan sosok yang kita anggap sebagai sosok terbaik di hidup ini.

Sayangnya, tidak semua mantan bisa kembali mengisi hari-hari kita. Sayangnya, tidak jarang sosok mantan sama sekali tak ingin lagi kembali menemani setiap moment suka duka yang kita rasa. Bukan karena apa-apa, karena sang mantan ternyata telah menemukan sosok lain di luar sana yang membuatnya lebih berharga, lebih nyaman dan lebih terjaga. Jadi masih ingin terus mengenang mantan, gagal move on dan larut dalam kesedihan karena tak bisa bangkit dari bayangan mantan?

Melupakan mantan dan membuka hati untuk sosok lain memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hanya saja, jika kita benar-benar yakin bisa melakukannya dan pasrah karena mantan telah menjadi milik orang lain, percayalah bahwa perlahan sosok mantan hanya akan jadi kenangan, hanya jadi masa lalu dan bukan masa depan. Bila kamu yang ingin melupakan mantan yang telah menyakitimu, berikut cara mudah untuk melakukannya.

Jangan Berusaha Melupakannya, Biarkan Sosoknya Dilupakan Dengan Sendirinya

Usahakan untuk tidak berusaha melupakan sang mantan. Semakin kamu berusaha melupakannya, maka semakin kuat ingatanmu akan sosoknya. Semakin kamu berusaha tidak menyebut namanya, tanpa kamu sadari kamu justru semakin banyak memanggil-manggil kenangan akan dirinya. Jalani hari yang ada dengan santai dan tanpa beban juga pikiran tentang mantan.

Santai saja, sosok mantan akan pudar dengan sendirinya dari hati kita | Photo: Copyright incolors-club.com

Biarlah masa lalu bersama mantan menjadi masa lalu. Biarkan status mantan tetap melekat padanya. Biarkan ia tetap ada, tetap hidup menjadi seseorang biasa. Semuanya akan perlahan menjadi biasa saja. Hambar. Dan hanya sebatas sebuah hal yang pernah terjadi. Sebuah hubungan yang pernah dijalani. Secara perlahan tapi pasti, mantan hanya ada sebatas sebagai kenangan dan bukan tujuan masa depan.

Ingin Tahu Kabar Mantan Boleh, Tapi Jangan Terlalu Kepo

Sekedar ingin tahu kabar mantan boleh-boleh saja. Hanya saja, jangan terlalu kepo dengan mengecek setiap postingannya di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, BBM atau lainnya. Jika memang kamu dan mantan berteman di akun sosial, biarkan akun sosial ini berfungsi sebagai mana mestinya.

Memang, tidak mudah untuk tidak kepo terhadap keseharian dan kabar mantan. Hanya saja ingat lagi dan pikir kembali pakai logika, mantan yang telah menyakitimu, membuatmu terluka dan mengecewakanmu, masih pantaskah ia terus hadir di pikiranmu sementara ia tak pernah ingin hadir? kamu dan mantan wajib hidup lebih bahagia ke depannya meski sudah tak lagi bersama. Ingat, kamu wajib bahagia meski tanpa mantan di sisimu.

Photo: Copyright piscoi.com

Maafkan Diri Sendiri, Jangan Menyesal & Ingat Lagi Dia Pernah Menyakitimu

Cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri. Apapun alasan kamu dan mantan putus, siapa yang memutuskan dan siapa yang salah atas keputusan tersebut, terimalah dengan hati sabar dan ikhlas. Maafkan dirimu yang tidak bisa menjaga hubungan kalian. Jangan pernah menyesal terlalu larut. Semakin kamu menyalahkan dirimu sendiri, menyesal dan tak rela dengan perpisahan bersama mantan justru akan membuatmu semakin jatuh, terpuruk dan memprihatinkan.

Ingat lagi bahwa mantan pernah menyakitimu. Ingat-ingat lagi apa yang membuatmu memang sebaiknya putus dengannya. Percayalah, jodoh adalah cerminan dari dirimu sendiri. Jika kamu dan mantan tak bisa bersama, bisa saja kamu tak pantas untuknya, atau dia yang memang tidak pantas untukmu. Percayalah ada sosok lain yang telah dituliskan sang khalik untukmu di buku cintaNya.

Cari Suasana Baru & Jatuh Cinta Lagi

Cari suasana baru dengan menyibukkan diri dalam berbagai aktivitas positif. Berbaurlah dengan lebih banyak orang, lebih banyak teman dan lebih banyak kerabat. Dengan menyibukkan diri dan mencari suasana baru, siapa tahu kamu bisa mendapatkan cinta yang baru. Siapa tahu kamu bisa jatuh cinta lagi dan menatap masa depan lebih mantap serta bahagia dengan sosok yang baru.

Siap-siap untuk sambut hari baru yang lebih bahagia bersama sosok baru | Photo: Copyright nmbreakthroughs.org

Tak perlu terus menerus hidup di kenangan lama. Kamu boleh kok membuang barang-barang mantan atau mengembalikannya padanya. Susun kembali hidup kamu dengan barang-barang baru, sehingga kamu tidak lagi mengingat kenangan bersamanya.

Single bukan berarti harus selalu bersedih dan merasa bahwa dirimu sedang lemah. Single hanyalah sebuah status, sebuah proses di mana pada akhirnya kamu akan menemukan pasangan baru. Tak perlu malu, tak perlu bersedih. Nikmati kelebihan menjadi single dan tunjukkan bahwa kamu bisa berbahagia dengan statusmu saat ini. Cepat atau lambat, kamu pasti akan bertemu dengan sosok yang paling tepat.

Well, sudah siap buat melupakan mantan dan menemukan cinta yang baru?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading