Sukses

Lifestyle

Dia Bohong Nggak Sih? Cek Gerakan Tangannya

Mendeteksi kebohongan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari memperhatikan kontak mata, gaya bicara, bahkan ada juga yang dengan menggunakan alat pendeteksi kebohongan. Tapi tahu nggak kalau kita juga mendeteksi kebohongan dari gerakan tangan?

Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, gerakan tangan dan lengan bisa dijadikan indikator bohong tidaknya seseorang. Saat seseorang berbohong, ia memiliki kecenderungan untuk selalu mendekatkan tangan atau gerakan tangan ke tubuhnya. Memastikan semuanya seolah bisa dalam jangkauan terdekatnya.

Salah satu tanda paling kentara saat seseorang berbohong adalah selalu menyentuhkan tangannya ke wajahnya saat sedang mengobrol. Entah itu dengan menggosok hidung, menyentuh telinga, mengucek mata atau kening, dan sebagainya. Jadi kalau ingin memastikan apakah ia berbohong atau tidak, perhatikan gerakan tangannya saat menjawab pertanyaanmu atau menjelaskan sesuatu.


Gerakan tangan tersebut memang juga jadi salah satu indikasi seseorang sedang gelisah atau cemas. Bisa juga karena nggak percaya diri saat mengungkapkan sesuatu. Namun selalu menggerakkan tangan untuk menyentuh area mulut, mata, atau wajah saat sedang berbicara merupakan gerakan bawah sadar kalau ia mencegah membocorkan info tertentu.

Kontak mata, nada bicara, hingga cara tersenyum juga bisa jadi indikator untuk mengetahui bohong tidaknya seseorang. Orang yang berbohong cenderung akan menampilkan senyum yang dipaksakan. Kontak matanya dan nada bicaranya juga lain dari biasanya. Hanya saja jika seseorang itu sudah lihai berbohong, akan agak sulit untuk mendeteksinya karena dia sudah "terlatih" untuk mengondisikan tubuh dan gerakan-gerakan kecilnya.

Memang susah-susah gampang untuk mendeteksi sebuah kebohongan dari seseorang. Tapi kadang akan ada insting berbeda saat seseorang berbohong padamu. Ya nggak, sih?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading