Sukses

Parenting

Jangan Sampai Trauma, Ini Cara Mudah Buat Anak Suka Sayur & Buah

Sayur dan buah memang baik bagi kesehatan, tak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun diharuskan mengonsumsi sayur dan buah sejak dini secara teratur.

Anak-anak memang sedang mengalami masa pertumbuhan, untuk itu makanan yang sehat ialah penunjang bagi pertumbuhan mereka. Mengenalkan buah dan sayur bisa dilakukan sedini mungkin agar anak tidak anti makan makanan sehat.

Psikolog keluarga Ayoe Sutomo M.Psi, menjelaskan, orangtua dalam mengenalkan sayur dan buah untuk anak, bisa dilakukan sejak dini bahkan sejak dalam kandungan.

"Biasakan ibunya sendiri makan menu sayur dan buah atau memberikan contoh kepada anak," ujar Ayoe.

Ibu adalah decision maker di rumah sehingga berkuasa menyiapkan makanan sehat. Bagi orang yang sibuk tidak harus selalu menyiapkan hidangan sayuran di rumah, tetapi dalam setiap kesempatan makan di luar rumah pun selalu disertakan sayur dan buah.

Untuk menarik minat si Kecil, orangtua dapat mengkreasikan sayur dan buah dengan menu-menu yang enak dan menarik. Jangan lupa untuk selalu menekankan pentingnya buah dan sayur untuk kesehatan pada anak.

Namun, bagi anak yang terlanjur tidak suka buah dan sayur, makan prinsipnya adalah tidak memaksa. Kenalkan perlahan-lahan atau dikombinasikan dengan makanan lain, dalam jumlah sedikit demi sedikit.

"Makan bersama menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mendidik dan mengenalkan makanan sehat untuk anak," tutup Ayoe.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading