Sukses

Parenting

Bercerai Bukan Akhir Segalanya, Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Setiap orang pasti menginginkan pernikahan satu kali dan selamanya. Sayangnya, tidak semua pasangan memiliki kesempatan tersebut. Adakalanya perceraian adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. Berpisah, dan menjalani hidup masing-masing mungkin tidak mudah, hal ini jauh lebih baik daripada bertahan dalam pernikahan tapi terpaksa.

Jika ternyata perceraian harus kamu jalani, tidak perlu galau sepanjang waktu. Berikut adalah cara agar kamu dapat berdamai dengan perpisahan.

    Berada di Lingkungan yang Positif

    Tidak ada yang dapat meramalkan masa depan termasuk dengan perpisahan. Maka, hal yang perlu kamu lakukan adalah siap menjalani hidup apapun keadaannya. Tetap berada di dekat orang yang memahami keadaan kamu. Berada di dekat orang-orang yang memberikan pengaruh positif dalam hidupmu. Jika lingkungan kamu membuatmu tidak nyaman, tidak ada salahnya kamu menjahuinya. Lingkungan yang baik akan membuatmu selalu berpikir hal yang positif.

    Belajar untuk Memaafkan

    Banyak alasan perceraian. Mulai dari ketidakcocokan, ekonomi hingga kekerasan dalam rumah tangga. Apapun masalah yang membuat hubungan kamu berakhir, cobalah untuk memaafkan mantan suamimu. Cara terbaik untuk move on dari kegagalan adalah dengan cara memaafkan. Maaf akan membuat kamu lebih lapang dalam melanjutkan hidup.

    Hapus Semua Tentang Trauma Pernikahan

    Tidak mudah untuk move on, dan dapat menjalani hidup seperti biasa setelah bercerai. Tapi bukan berarti kamu terus mengeluh dan enggan untuk bangkit dari kegagalan. Hapus trauma masa lalu kamu, jika harus membuang segala hal tentang pernikahanmu yang gagal membuatmu lebih baik, tidak ada salahnya jika kamu melakukan hal tersebut.

    Sibukkan Dirimu

    Kesibukan akan membuatmu mudah melupakan kesedihanmu. Lakukan banyak kegiatan sehingga kamu sibuk dan tidak sempat memikirkan trauma kegagalanmu. Yakinkan dirimu bahwa semua hal akan berjalan baik-baik saja.

    Bersikap Cuek akan Membuatmu Merasa Lebih Baik

    Kegagalan dalam pernikahan akan membuatmu menerima komentar miring tentang kehidupanmu. Awalnya mungkin terasa berat, terus memikirkannya tidak akan membuat beban yang kamu tanggung menjadi lebih ringan. Maka sesekali bersikap cuek dan masa bodoh dengan omongan orang akan membuatmu merasa jauh lebih baik.

Demikian 5 hal yang harus kamu lakukan agar kegagalan tidak membuatmu merasa tidak nyaman. Akhir bukan berarti kamu harus berhenti, bisa jadi akhir adalah awal untuk kamu memulai. Tetap semangat dan yakin semua akan baik-baik saja. Selamat hari ini.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading