Sukses

Parenting

7 Hal Yang Diajarkan Seorang Ibu Mandiri Pada Anaknya

Menjadi ibu yang mandiri atau mungkin single parent memang tak mudah, tapi bagaimana pun wanita yang mengasuh anaknya dengan dasar kemandirian pasti memiliki banyak sisi positif untuk perkembangan anak. Ibu yang punya kepribadian kuat dan hidup mandiri akan mengajar hal-hal ini pada anaknya.

    Dia akan mengajarkan untuk tidak bergantung pada orang lain

    Ia akan mengajarkan bagaimana mengatasi urusan pribadi sendiri, sebisa mungkin tanpa bantuan orang lain. Ia akan mengajarkan untuk tidak selalu meminta tolong.

    Mengajarkan untuk jadi wanita kuat dan tidak mudah diremehkan

    Ia juga akan mengajarkanmu menjadi perempuan yang tak tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain, terutama pria. Ia akan membuatmu belajar banyak keterampilan atau kemampuan dasar yang nantinya pasti kamu butuhkan.

    Kamu harus jadi wanita cerdas

    Ini juga kana ditekankan oleh ibu yang mandiri. Kamu tak akan mudah diremehkan jika punya otak yang bisa bekerja di situasi apa pun. Jadilah sosok wanita yang bisa membawa diri dengan baik, berwawasan tinggi dan punya attitude yang baik.

    Pria tak akan melengkapimu, kecuali dirimu sendiri

    Ibu mandiri, terutama yang single mom, akan mengajarkan padmau bahwa memiliki sosok pria di sampingmu bukan berarti kamu lengkap karenanya. You complete yourself, dan ini akan sangat bermanfaat saat kamu putus cinta, kamu jadi lebih mudah move on. Karena kamu tak merasa ada yang kurang meski tanpa pria.

    Dia tidak akan selalu bersikap lemah lembut

    Katakanlah, dia mungkin salah satu orang yang paling keras terhadapmu. Meski ia ibu, tapi ia tak ingin anaknya tumbuh jadi sosok yang manja dan cengeng. Ia akan memperlakukanmu seperti ia menghadapi hidup. Ia akan membuatmu terbiasa menghadapi hal yang keras, sehingga kamu siap menghadapi kehidupanmu sendiri nantinya.

    Ia mengajarkanmu sopan santun dan menghormati yang tua

    Orangtua masa kini terlalu lembek pada anaknya sehingga membiarkan anak bersikap kasar di depan umum dan bahkan pada orang yang lebih tua.  Ibu mandiri tak akan membiarkan hal ini. Kamu akan dihukum jika memang bertindak kurang ajar, terutama pada orang tua dan yang lebih lemah. Sopan santun penting baginya, itu adalah harga diri.

    Ia mengajarkan bagaimana kamu harus men-support diri sendiri

    Ia tak akan selalu ada untukmu, tapi justru inilah yang ingin diajarkan padamu. Kamu harus bisa men-support dirimu sendiri, bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Bahkan ia mungkin akan menyarankanmu traveling sendirian.

Meski tampaknya ia tak peduli, tapi ketahui bahwa inilah bentuk rasa sayangnya pada anak. Ia ingin anaknya bisa bertahan di masyarakat dan bisa menjadi manusia yang bermanfaat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading