Sukses

Parenting

Moms, Begini Cara Mengasuh Anak Biar Nggak Jadi Manja

Sebagai orang tua kita pasti ingin memberi yang terbaik untuk anak kita. Memberinya cinta dan kasih sayang juga melindunginya. Hanya saja kalau tidak hati-hati, anak kita bisa jadi anak manja dan pastinya kurang baik untuk tumbuh kembangnya nanti.

Agar anak tak jadi manja dan bisa lebih mandiri, ada sejumlah tips yang bisa Moms lakukan. Mulai dari cara berkomunikasi hingga memberinya ruang untuk melakukan sesuatu sendiri. Selengkapnya, yuk ikuti tips-tipsnya di sini.

    Tunjukkan Batasan dengan Tegas dan Jelas

    Seperti yang dilansir oleh babycenter.com, cara pertama agar anak tak jadi manja adalah dengan memberi batasan. Misalnya, saat anak meminta kue di saat ia sudah seharusnya berhenti makan, beritahu, "Oke, satu kue ini saja ya. Setelah itu sudah. Tak boleh minta lagi." Dengan begini Moms sudah memberi batasan tegas dan jelas sehingga anak bisa lebih mengenali batasannya dan belajar mengendalikan diri.

    Jangan Mudah Terbujuk Rengekan/Rayuannya

    Kalau Moms menuruti atau mengikuti bujukan serta rayuannya, secara tidak langsung Moms mengajarkan pada anak bahwa merajuk/merayu itu boleh dilakukan. Jadi jangan mudah mengabulkan permintaan anak hanya karena ia merajuk/merengek.

    Minta Dia Menyelesaikan Tanggung Jawabnya Sebelum Meminta Sesuatu

    Didik anak sejak dini pentingnya menyelesaikan tanggung jawab sebelum meminta sesuatu. Sebagai contoh, minta anak bereskan mainannya terlebih dahulu sebelum boleh main keluar bersama teman-temannya. Bukan maksudnya untuk membuat Moms kejam atau tak berperasaan. Justru dengan cara ini Moms membantu anak untuk bisa lebih mandiri. Kemampuan mentalnya untuk bertahan menghadapi rasa tertekan atau frustrasi pun akan lebih baik.

    Jangan Takut Membuatnya Kecewa

    Kadang memang tak tega rasanya mengecewakan dan menyakiti hati anak sendiri. Tapi membuat anak merasakan kekecewaan bisa membantunya untuk memiliki kemampuan mengendalikan emosinya di kemudian hari. Tak semua yang diminta anak harus dituruti dan dipenuhi. Anak perlu tahu bahwa tak semua harapan dan keinginannya bisa terwujud. Ada hal-hal yang perlu dipahami dan harus dihadapi dengan menyesuaikan dirinya.

    Ajari Anak untuk Memperjuangkan Sesuatu

    Banyak pakar yang meyakini bahwa anak bisa gampang manja kalau ia bisa mendapat segala sesuatunya dengan mudah. Kita perlu lebih berhati-hati dengan sikap kita yang terlalu halus atau mengabulkan semua keinginannya. Ajari anak bahwa untuk mendapat sesuatu, harus ada yang ia perjuangkan. Kalau misalnya anak ingin membeli mainan baru, Moms bisa ajari dia untuk menabung sedikit demi sedikit dari uang sakunya sendiri.

Ada banyak cara yang bisa kita pilih dalam mengasuh anak. Berbagai metode dan teknik sudah tersedia. Tinggal cara kita saja untuk memilih dan menyesuaikannya dengan kondisi yang kita miliki.

Semoga info ini bermanfaat, Moms!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading