Sukses

Parenting

Terbukti, Jadi Orangtua Lebih Berat Buat Ibu Daripada Buat Ayah

Menjadi orangtua tentu ditanggung bersama antara suami dan istri. Tanggung jawab bertambah, kini berperan sebagai ibu dan ayah. Tapi pernahkah kamu penasaran sebenarnya tanggung jawab jadi orangtua lebih dibebankan kepada siapa sih? Siapa kira-kira yang punya beban lebih banyak?

Sebuah penelitian dari sosiologis Cornell University menemukan bahwa wanita lebih sering tertekan secara emosional saat menjadi orangtua atau mengasuh anaknya dibanding pria. Bukan berarti wanita tidak menikmati waktunya mengasuh anak, sebaliknya wanita justru lebih banyak berperan dalam kehidupan anaknya dibanding pria sebagai ayah.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Sociological Review ini melihat secara spesifik perbedaan saat orangtua melakukan aktivitas dengan anak-anak mereka dibanding saat mereka melakukan aktivitas tanpa anak-anak. Dan hasilnya, orangtua lebih bahagia ketika menghabiskan waktu bersama anak ketimbang sendirian.

Para peneliti mengatakan, umumnya wanita menghabiskan banyak waktu bersama anaknya dan melakukan pekerjaan rumah tangga, dibanding pria yang kebanyakan waktunya dihabiskan untuk bekerja dibanding mengasuh anaknya.

Tapi tentu saja ini tak selalu terjadi di setiap keluarga. Ada banyak juga ibu yang menggantikan peran ayah dan lebih banyak bekerja daripada mengasuh anak, sehingga ayah harus mengasuh anak dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak.

Jadi orangtua pasti berat, tapi justru inilah yang seru dan membahagiakan. Inilah tantangan yang harus kamu lalui sebagai orangtua sekaligus proses pembelajaran dalam hidup. Bagaimana pun, kamu juga akan belajar banyak dari anakmu. So, be happy doing parenting ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading