Sukses

Parenting

Punya Banyak Adik Itu Ujian, Tapi Aku Tumbuh Jadi Pribadi Tangguh

Kita tak pernah bisa meminta dilahirkan sebagai anak keberapa? Atau memilih urutan lahir. Dan terkadang terlahir sebagai anak sulung atau seorang kakak dengan punya banyak adik itu hal yang cukup berat.

Saat kecil, kita sudah diberi tanggung jawab ikut menjaga dan merawat adik-adik kita. Belum lagi dengan orang tua yang menaruh harapan dan ekspektasi tinggi pada diri kita untuk menjadi sosok terbaik di mata adik-adik kita. Meski mungkin ada banyak perjuangan dan ujian yang kamu alami sebagai seorang kakak, tapi kamu bisa tumbuh dengan punya banyak kelebihan, empat di antaranya antara lain...

Kamu Lebih Dewasa dan Matang

Sudah diberi tanggung jawab menjaga adik sejak kecil, kamu jadi lebih dewasa dan matang dalam bersikap. Kamu memiliki rasa tanggung jawab yang sudah kamu pupuk sejak kecil. Caramu bersikap dan bertindak tidak sembarangan. Karena kamu paham betul bahwa selalu ada konsekuensi dan hukum sebab akibat dari setiap hal yang kamu lakukan.

Kamu Punya Jiwa Pemimpin

Seseorang yang terlahir dengan punya banyak adik punya kecenderungan bersikap seperti orang tua atau pemimpin. Yang bertugas untuk memandu dan membimbing adik-adik yang butuh panutan terbaik. Mungkin memang berat ya harus jadi panutan untuk adik-adik, tapi semua itu jadi proses pembelajaranmu untuk menjadi sosok yang berjiwa pemimpin.

"I don't believe an accident of birth makes people sisters or brothers. It makes them siblings, gives them mutuality of parentage. Sisterhood and brotherhood is a condition people have to work at."

- Maya Angelou

Kamu Punya Rasa Peduli dan Empati yang Tinggi

Tumbuh dan besar dengan banyak adik, kamu lebih terlatih untuk mengendalikan egomu. Kamu juga nggak lagi egois atau cuma mementingkan diri sendiri dalam bertindak. Kamu tumbuh jadi pribadi yang lebih peduli dan perhatian pada sekitar. Bukan yang sekadar melakukan sesuatu untuk kepentingan pribadi.

Kamu Lebih Berprinsip dan Tangguh

Untuk bisa mengatur dan menjaga adik-adikmu, kamu ditempa untuk jadi pribadi yang lebih tegas. Di sini, kamu jadi membangun prinsipmu sendiri. Mungkin orang lain menyebutmu keras kepala atau sok ngatur. Namun, sebenarnya kamu adalah pribadi yang tangguh karena tahu mana yang harus dilakukan dan tidak dengan pertimbangan yang matang.

Ladies, apakah kamu juga tumbuh sebagai seorang kakak dan punya banyak adik? Meski kadang hidupmu terasa lebih berat dan banyak ujian, tapi kamu akan tumbuh jadi pribadi yang lebih mandiri ke depannya dan bisa membuat orang-orang di sekitarmu lebih nyaman.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading