Sukses

Parenting

4 Tipe Orang Tua dalam Membimbing Anak

Setiap anak memang terlahir dengan keunikan dan kemampuan yang berbeda. Namun, tahukah Anda jika orang tua memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangannya? Menurut penelitian EF English First, berikut adalah 4 tipe orang tua dalam membimbing anak. Anda termasuk yang mana?

Ambitious Commander

Orang tua memang selalu menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Ambitious Commander adalah tipe para orang tua yang proaktif. Biasanya mereka akan mengupayakan semaksimal mungkin kemampuan anak  untuk mendapatkan hasil terbaik bahkan cenderung memaksa. Orang tua tipe ini mendominasi keputusan pendidikan anak, misalnya dalam memilih sekolah atau tempat kursus.

Silent Achiever

Sebagai orang tua, pastikan Anda selalu mendengarkan pendapat si kecil juga ya. Seperti Silent Achiever, orang tua tipe ini sangat proaktif dan ambisius namun tetap memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat.

Dibandingkan dengan tipe Ambitious Commander, tipe ini lebih mendorong anak secara diam-diam dan tidak terkesan memaksakan kehendaknya, mereka mengawasi anaknya dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

Short-Term Worrier

Short-Term Worrier adalah tipe orang tua yang bertindak reaktif jika melihat ada sesuatu yang salah dengan anaknya. Misalnya, ketika anak mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Orangtua tipe ini baru mencarikan tempat les untuk anaknya. Tipe ini lebih banyak khawatir terhadap tantangan masa depan untuk anaknya.

Happy-Go-Lucky

Tipe terakhir merupakan tipe orang tua yang santai. Happy-Go-Lucky adalah tipe orang tua yang melengkapi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Mereka cenderung tidak khawatir terhadap tantangan yang dihadapi anak di masa depan serta percaya terhadap kemampuan & talenta anaknya.

Setiap orang tua pastinya memiliki concern tersendiri tentang pendidikan anaknya. Bagaimana pun caranya, mereka selalu menginginkan yang terbaik. Berikan dukungan pendidikan bagi anak dengan memasukkan anak ke sekolah atau tempat kursus yang berkualitas.

EF English First merupakan tempat kursus dengan pengalaman 30 tahun di Indonesia dan 50 tahun di Dunia yang bisa menjadi pilihan tepat. Tidak hanya fokus pada poin akademis bagi anak usia 4-17 tahun, namun mengembangkan kemampuan non akademis juga.

Tempat kursus ini membantu anak untuk memiliki rasa percaya diri, jiwa kepemimpinan, keberanian berbicara di depan publik hingga kerjasama tim. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi orang tua tipe Ambitious Commander dan Silent Achiever yang menginginkan masa depan sukses untuk anak.

Bagi tipe orang tua Short-Term Worrier  tidak perlu cemas dengan perkembangan anak. Melalui EF Parents, Anda bisa terlibat memantau kegiatan anak melalui smartphone atau tablet secara online.

Sedangkan orang tua tipe Happy-Go-Lucky makin tenang karena EF English First punya banyak cara menyenangkan dalam belajar. Terdapat kegiatan Life Club yang dilakukan secara berkala di luar kelas agar anak mampu berbicara bahasa Inggris dalam konteks nyata.

So, apapun tipe Anda sebagai orang tua. Pastikan untuk mendukung pendidikan Bahas Inggris di kecil bersama EF English First. Dapatkan juga diskon hingga 2 Juta pada periode 25 Juli-15 Agustus. Untuk info lengkap klik di sini.

 

 

(adv/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading