Sukses

Parenting

Sukses di Sekolah Berawal dari Rumah, Ini Tipsnya

Semua orang tua tentu menginginkan anaknya selalu sukses. Jika si kecil masih sekolah, maka sukses dalam belajarnya tentu menjadi impian bagi setiap orang tua. Jika selama ini kamu menganggap hal yang terjadi di sekolah semua tanggung jawab guru, maka ubah cara pandang tersebut. Kesuksesan anak di sekolah dipengaruhi juga dengan apa yang ia dapat di rumah.

Nah, berikut adalah cara membantu si kecil agar sukses dan berhasil di sekolah. Bukankah keberhasilannya juga kebanggaan bagimu? Here we go!

    Ciptakan Suasana Menyenangkan di Rumah

    Suasana menyenangkan di rumah akan mempengaruhi minat belajar si kecil. Suasana tenang dan menyenangkan akan mengurangi risiko tertekan pada anak. Bagaimana kamu menginginkan hal menyenangkan terjadi pada anak jika dia merasa tertekan? Maka buat suasana menyenangkan mulai dari rumah.

    Tanamkan Sikap Realistis

    Jangan memaksakan kehendak kamu sebagai orang tua kepada anak. Mereka juga memiliki kebebasan untuk memilih. Saat dia menghadapi satu tantangan, beri pandangan tentang hal yang realistis. Berikan pemahaman bahwa terkadang dalam hidup kita harus berhadapan dengan kegagalan.

    Bersikap Terbuka

    Tidak perlu sembunyi dan tertutup pada si kecil. Ajak mereka berbicara, duduk bersama dan mendengarkan dia bercerita dan memberikan tanggapan pada ceritanya akan membantunya untuk berdiskusi. Bersikaplah terbuka, karena akan membantunya lebih bersikap dewasa.

    Tanyakan Tentang Kegiatan Dia di Sekolah

    Saat pulang sekolah, ajak dia mengobrol tentang apa saja yang dia lakukan di sekolah. Ajak dia bicara. Dengarkan dengan seksama apa yang si kecil ceritakan. Berikan pujian saat dia menceritakan tentang prestasinya. Semua orang suka pujian, tidak terkecuali anak kecil. Maka jangan pelit dengan pujian, sesederhana apa pun prestasinya.

    Dampingi Dia Saat Belajar

    Saat si kecil sedang mengerjakan pekerjaan rumah, berikan pengertian bahwa pekerjaan rumah bukan beban tapi proses belajar. Proses pemahaman ini mungkin akan sulit dan sedikit rumit, tapi dengan kesabaran pasti dapat teratasi. Beri pemahaman bahwa hasil bukan hal yang terlalu penting tapi proses adalah hal yang utama.

Mendukung tumbuh kembang si kecil memang penting. Dukung prestasinya dan buat dia bangga terhadapmu. Bagaimana, sudah siap mendukung si kecil untuk sukses sejak dini? Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading