Sukses

Parenting

Ajari Anak 5 Hal Ini Untuk Melindungi Dari Kekerasan Seksual

Kekerasan seksual bisa terjadi kepada siapa saja, apalagi anak-anak yang umumnya lebih lemah dan masih polos. Berita di media akhir-akhir ini yang mengungkap kasus kriminalitas tentang kekerasan seksual pada anak semakin meningkat.

Inilah mengapa para orangtua perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap hal-hal yang terjadi pada anak. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai orang tua, ini beberapa di antaranya.

    Ikut campur kehidupan anak

    Ikut campur dalam hal ini dalam arti mengetahui apa saja yang dilakukan anak setiap harinya. Tanya anak apa saja yang mereka lakukan, di mana dan bersama siapa. Ke mana mereka pergi biasanya dan lain sebagainya. Biasakan anak untuk menceritakan keseharian mereka agar anak lebih terbuka.

    Ketahui orang-orang di sekitar anak

    Selain keluarga dekat atau saudara di rumah, ketahui siapa saja orang-orang yang ada di sekitar anak, yang mereka kenal, entah itu teman, orangtua teman, guru, pelatih dan lain sebagainya. Dan tanya bagaimana pendapat anak tentang orang-orang tersebut.

    Ketahui pendapat anak tentang berita

    Jangan mencegah anak untuk tahu apa yang terjadi di media, meski memang orangtua juga perlu hati-hati memberitahu anak. Tanya mereka apakah ada hal-hal semacam ini yang terjadi di sekolah atau tempat les. Buat mereka paham bahwa hal ini penting dibicarakan dan buat mereka nyaman untuk menceritakan hal-hal seperti ini.

    Ketahui perubahan yang terjadi pada anak

    Lebih perhatian dan ketahui jika ada perubahan-perubahan tertentu pada anak. Tanya apa yang terjadi dan apa yang mereka rasakan. Mengapa hal itu bisa terjadi dan mulai kapan.

    Ajari anak tentang pertahanan diri

    Ini langkah yang paling penting, mengajari anak untuk melindungi diri sendiri. Ajari anak bahwa tak seorang pun bisa menyentuh bagian tubuh mereka, sehingga membuat mereka tidak nyaman. Hal ini termasuk pelukan, rabaan, atau menggelitiki. Tekankan bahwa mereka perlu marah jika orang lain menyentuh tanpa seizinnya.

Itu yang bisa kamu lakukan untuk membuat anak paham tentang kekerasan seksual. Tekankan bahwa tubuh mereka bukan benda yang bisa disentuh sembarang orang. Biasakan anak untuk menceritakan apa yang membuat mereka tidak nyaman dan beritahu anak bahwa sebagai orangtua, kamu selalu ada untuk mereka.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading