Sukses

Parenting

Ingin Si Kecil Lancar Bersepeda, Yuk Ajari Dengan 4 Langkah Mudah

Selain dapat membuat si kecil gemar berolahraga sejak kecil, mengajarinya bersepeda juga akan menciptakan quality time yang berharga antara Anda dan dia. Hal ini akan membantunya mengumpulkan kenangan manis semasa kecil yang akan membekas sampai ia dewasa kelak.

Meski bukan merupakan hal yang mudah untuk mengajarkan si kecil bersepeda di usia dini, tapi hal ini bukan merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan kok, Bunda. Nah, jika Anda ingin mengajari putra atau putri Anda bersepeda, perhatikan 4 langkah yang telah kami rangkum dari laman www.babycenter.com, berikut ini untuk memudahkan Anda.

  • Jangan Pakai Sepeda Baru. Kesalahan yang kerap dilakukan orangtua saat ingin mengajari anaknya bersepeda adalah membelikan anak sepeda baru roda dua dan langsung meminta anak belajar menaikinya. Padahal, dengan sepeda baru ini anak belum merasa terbiasa sehingga dia akan sulit beradaptasi. Jadi, akan lebih baik untuk menggunakan dulu sepedanya yang lama yang beroda empat. Saat anak sudah siap untuk belajar, lepaskan roda yang berada di kiri dan kanan. Ketika anak sudah terbiasa dengan sepeda lamanya, ia bisa mulai menaiki sepeda baru barunya.
  • Naik Sepeda dengan Roda Bantuan. Biasanya, sepeda untuk pemula dilengkapi dengan roda bantuan di samping kiri dan kanan. Hal ini bisa membantu si kecil menjaga keseimbangannya saat bersepeda. Dengan metode ini, anak bisa belajar bagaimana mengarahkan pedal sepeda pertamanya tanpa harus khawatir menjaga keseimbangan sepeda. Jika ia telah menguasai cara mengayuh dan kemudi, Anda bisa secara bertahap meninggikan roda tambahan tersebut atau mengambilnya sehingga ia bisa mulai bersepeda roda dua.
  • Pakai Sepeda dengan Ukuran yang Lebih Kecil. Jika Anda ingin anak langsung belajar sepeda beroda dua, Anda bisa menggunakan metode ini. Sebab, metode ini bekerja kebalikan dari metode sebelumnya. Tapi, pastikan untuk memulainya dengan sepeda kecil atau dengan menurunkan jok sepeda agar kaki anak bisa menapak tanah.
  • Metode Dorong dan Lepas. Jika anak menolak naik sepeda berukuran kecil, Anda dapat mencoba cara lama ini. Buat anak tenang untuk bisa mengendarai sepedanya tanpa roda tambahan dengan memeganginya dari belakang (memberi dorongan). Setelah lancar, lepaskan dorongan Anda perlahan-lahan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melatih anak bersepeda sejak dini. Jangan lupa, ketika menerapkan 4 langkah ini, ajak juga sang ayah agar kedekatan keluarga semakin hangat. Semoga bermanfaat, Bunda!



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading