Sukses

Parenting

Mencintai Lagi Setelah Berselingkuh

Vemale.com - Sebuah pernikahan memang tidak ada yang mulus dari awal sampai akhir, namun jika kendalanya adalah perselingkuhan, bagaimana harus berdamai dengan kesalahan yang satu ini? Sebagian besar memutuskan untuk bercerai dan masalah berakhir. Sebagian lainnya memutuskan untuk bertahan demi anak-anak, demi sesuatu yang lebih besar daripada harga diri dan cinta. Suami memutuskan untuk bertahan dan jalan terus bukanlah pilihan yang mudah baik untuk Anda maupun pasangan. Anda harus 'membayar' atas perselingkuhan yang pernah Anda lakukan, memperbaiki kesalahan dan memastikan from now on semua akan baik-baik saja. Dikutip dari sheknows, Larry A. Bugen, Ph.D, penulis Stuck On Me..Missing You: Getting Past Self-Absorption to Find Love memberikan solusi untuk mengatasi masa-masa pasca perselingkuhan ini. Meminta maaf Apapun alasan Anda melakukan perselingkuhan, hal itu adalah pengkhianatan atas pernikahan Anda. So, jika Anda ingin kembali ke suami maka permintaan maaf dan mengakui kesalahan adalah yang seharusnya. Tentu tidak akan mudah di awalnya, namun begitu suami memaafkan, Anda akan memahami betapa besar cintanya dan inilah yang menjadi kekuatan Anda untuk melanjutkan pernikahan. Berempati Tempatkan diri Anda jika berada di posisi pasangan atau anak-anak yang mengetahui Anda berselingkuh. Dengan ini Anda akan bisa memahami dan menerima kemarahan mereka, serta bisa lebih menghargai setiap kasih sayang yang diberikan oleh keluarga Anda. Jika suami bisa memaafkan karena kekurangan dan kesalahan Anda, seharusnya Anda pun bisa lebih menyayangi suami dan keluarga serta menghargai setiap kesalahan dan kekurangan mereka. Proses pemulihan Meminta maaf adalah langkah awal dari pemulihan, namun tidak cukup hanya itu. Anda perlu untuk meyakinkan pasangan bahwa sebagai orang yang bersalah:
  • Anda bertanggung jawab atas rasa sakit yang telah Anda timbulkan.
  • Anda sungguh-sungguh menyesal dengan apa yang telah dilakukan
  • Anda belajar dari kesalahan sebelumnya--jika dulu Anda tergoda karena dorongan teman-teman, maka sekarang Anda sadar harus menjauhi teman yang demikian
  • Anda menyadari bahwa butuh waktu bagi suami untuk menerima Anda dan kembali membangun kepercayaan
Well, memang menyebalkan berada di posisi 'pelaku' dan harus melakukan ini semua. Oleh karena itu, sebaiknya jauh-jauh dari ide untuk berselingkuh dari suami Anda. (vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading