Sukses

Parenting

Tips Gampang Mengajarkan Matematika Pada Anak Usia DIni

Moms, seringkali para ibu di Indonesia mengalami kesulitan mengajari anak-anak pelajaran Matematika. Kesulitan dalam mengajarkan matematika bukan karena materi yang sulit. Melainkan karena penyampaian materinya yang sulit dimengerti oleh anak. Akhirnya anak pun merasa stress dan tidak menyukai pelajaran ini sehingga berdampak pada nilai pelajarannya.

Untuk anak-anak usia dini, mengajarkan matematika sebaiknya dengan hal-hal yang menyenangkan dan mudah ditemui setiap hari. Berikut 3 tips yang bisa dicontoh oleh Moms dalam mengajarkan matematika pada anak usia dini.

    Menggunakan Anggota Tubuh

    Gunakan jari tangan, jari kaki, mata, telinga dan anggota tubuh lainnya untuk menunjukkan jumlah-jumlah matematis yang bisa ditunjukkan anggota tubuh.

    Menggunakan Dramatisasi Matematika

    Ajak anak merasakan bentuk bola, prisma, segitiga sama sisi atau bersama teman-temannya menghitung lompatan. Hal ini akan membuat mereka belajar matematika dengan gembira karena merasa seperti bermain-main saja.

    Menggunakan Mainan Anak

    Buatlah konsep bermain yang menyenangkan, misalnya membuat toko. Minta anak berpura-pura menjadi penjual dan menghitung jumlah jualannya. Dengan cara ini mereka belajar berhitung aritmatika dan konsep uang.

Selain berpura-pura menjadi penjual di toko, Moms juga bisa memanfaatkan mainan-mainan kecil lainnya seperti LEGO untuk mengajarkan konsep matematis pada anak. Butuh ide? Yuk simak cara pemanfaatan LEGO untuk belajar matematika dalam galeri foto berikut ini.

 

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading