Sukses

Parenting

Ibu Bekerja, Anak Lebih Sering Masuk RS

Vemale.com- Menjadi seorang ibu dan memilih untuk bekerja adalah pilihan yang merupakan hak setiap wanita. Ada kelebihan dan kekurangan baik bagi wanita yang memilih menjadi ibu rumah tangga ataupun menjadi ibu sekaligus wanita karir. Dari keduanya, ada beberapa dampak yang tidak hanya berlaku bagi sang ibu, tetapi juga pada anak-anak dan keluarga. Seperti pada salah satu hasil penelitian yang kami rangkum dalam artikel ini.

Risiko Dirawat di Rumah Sakit Lebih Tinggi

The Kansas City Star seperti dilansir oleh ParentDish melaporkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh North Carolina State University. Penelitian ini dilakukan pada 89.000 anak-anak usia 7 hingga 17 tahun dalam kurun waktu 20 tahun. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa anak-anak yang memiliki ibu yang bekerja memiliki risiko untuk dirawat di rumah sakit karena terkena serangan asma, luka dan keracunan sebanyak 200% lebih banyak dibandingkan anak-anak dengan ibu yang tidak bekerja.

"Ibu yang memiliki beban kerja di luar rumah mengakibatkan pengawasan dan waktu untuk mengurus anak-anak lebih sedikit," ujar Dr. Melinda Morrill yang merupakan kepala penelitian tersebut. "Padahal kesehatan utama dari anak-anak adalah waktu luang untuk melakukan aktivitas seperti menyiapkan makanan sehat dan membersihkan lingkungan rumah,". Dengan asumsi bahwa kebanyakan ibu yang bekerja di luar rumah memang hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan dua hal tersebut.

Ibu Bekerja Tidak Selalu 'Kejam'

Sekalipun pada hasil penelitian memang menunjukkan bahwa anak-anak dengan ibu yang bekerja memiliki risiko yang sangat tinggi untuk rawat inap di rumah sakit, tetapi The Kansas City Starmenunjukkan penelitian sebelumnya bahwa anak-anak yang memiliki ibu bekerja bisa memiliki tingkat kesehatan yang sama baiknya bahkan lebih baik daripada anak-anak yang dibesarkan oleh ibu rumah tangga.

Untuk mendapatkan kesehatan tersebut, tentu saja ada uang lebih yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan jasa perawatan kesehatan anak dari seseorang yang bisa menyajikan menu-menu sehat dan memastikan bahwa rumah selalu dalam keadaan bersih dan teratur. Selain itu, ibu bekerja tidak harus memanjakan anak-anak mereka dengan setumpuk makanan lezat tetapi mengandung banyak lemak, gula, garam dan kalori yang menyebabkan anak-anak menderita obesitas.

Ketelitian dan kecermatan ibu yang bekerja sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa buah hati mendapatkan menu makanan yang sehat, rumah yang selalu bersih dan rutin memeriksa kesehatan buah hati (kesehatan gigi, mata dan lain sebagainya). Jika ibu rumah tangga telah memastikan hal itu berjalan dengan baik, maka kesehatan buah hati akan lebih maksimal. [initial]

Bawa Bekal ke Sekolah Membuat Anak Lebih Sehat Kalau Suami Jorok, Harus Bagaimana? Anak yang Gemuk Tidak Selalu Sehat

(vem/wsw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading