Sukses

Parenting

Anak 'Mami' Biasanya Lebih Mudah Depresi Saat Sudah Dewasa. Benarkah?

Sudah hal biasa jika anak perempuan menjalin kedekatan spesial dengan ibunya. Kamu mungkin juga seperti itu. Tapi apakah kamu pernah merasa bahwa kamu adalah anak yang paling disayang oleh ibu dibanding saudaramu yang lain? Jika ya, kamu wajib baca informasi dari Goodhousekeeping.com berikut ini.

Para peneliti dari Purdue University telah melakukan penelitian terhadap 725 orang dewasa dari 309 keluarga berbeda, yang mana ibunya sudah berusia antara 65 hingga 75 tahun saat penelitian dilakukan pada tahun 2001. Dalam penelitian itu, para peneliti menguji mereka dengan 7 tes depresi yang berbeda-beda. Tes itu meliputi rasa kesepian, susah tidur, dan kesedihan umum. Mereka juga diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang anak mana yang paling dekat dengan ibu, paling sering beradu argumen dengan ibu, paling dibanggakan, dan paling mengecewakan ibunya. 

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Gerontology: Social Science, ditunjukkan betapa besar pengaruh kedekatan anak dan ibunya terhadap psikologi anak itu setelah dewasa. Orang yang merasa dekat dengan ibunya secara emosional cenderung lebih mudah mengalami depresi. Tak hanya itu, orang yang sering bermasalah dengan ibunya dan merasa paling sering membuat ibunya kecewa juga lebih mudah mengalami depresi saat dewasa.

Kira-kira apa alasannya hingga hal itu bisa terjadi? Diduga hal ini terjadi karena anak kesayangan ibu cenderung merasa lebih bertanggung jawab pada ibunya, seiring dengan pertambahan usia keduanya. Anak itu juga akan terbiasa lebih mandiri dalam mengatur segala sesuatu atau menolong orang lain, baik secara emosional maupun fisik. Jadi bisa dikatakan anak ini merasakan tekanan yang lebih berat gitu, Ladies. Plus, anak yang sangat dekat dengan ibunya, biasanya tidak terlalu dekat dengan saudaranya sendiri.

Jadi, sekarang kita harus belajar untuk menjalin kedekatan dengan ayah dan saudara kandung juga, Ladies. Mungkin depresi bisa terjadi jika kita sangat dekat dengan ibu, tapi terlalu menutup diri dari ayah dan saudara. Jangan begitu ya ..

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading