Sukses

Parenting

Meski Dicap Manja, Anak Tunggal Punya 3 Keistimewaan Ini Lho!

Kalau mendengar kata anak tunggal, hal pertama yang muncul di pikiran kita biasanya cap manja yang ia miliki. Anak tunggal kerap dijuluki anak manja karena semuanya bisa didapat dengan mudah dari orang tua. Dia juga bisa jadi anak emas karena kasih sayang orang tua yang tak perlu dibagi kepada yang lain.

Meski anak tunggal kerap dicap anak manja atau anak mama, ternyata ia punya keistimewaan sendiri lho. Yang pasti anak tunggal tak selalu tipikal anak manja yang egois atau maunya menang sendiri saja.

“She is free in her wildness, she is a wanderess, a drop of free water. She knows nothing of borders and cares nothing for rules or customs. 'Time' for her isn’t something to fight against. Her life flows clean, with passion, like fresh water.” ― Roman Payne

Anak tunggal juga bisa punya kelebihannya sendiri. Ini tiga kelebihan yang bisa ia miliki.

Bisa Menjadi Orang Dewasa yang Lebih Mandiri

Terbiasa melakukan segala sesuatunya sendiri, anak tunggal bisa tumbuh jadi seseorang yang mandiri. Tahu kalau ia tak punya saudara kandung yang bisa membantunya atau menawarkan pertolongan di saat ia membutuhkan, maka ia akan terbiasa mengontrol dan melakukan segalanya seorang diri. Apalagi kalau ia dibesarkan oleh orang tua yang tahu betul cara membuat anak agar tak manja atau selalu bergantung pada orang lain, maka ia bisa jadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam hidupnya.

Bisa Membuat Keputusan Sendiri dengan Pertimbangan yang Matang

Jadi anak tunggal, maka keputusan yang ia buat harus bisa ia pertanggungjawabkan sendiri. Kalau kamu anak tunggal, kamu mungkin pernah merasa kesepian di saat tertentu. Kamu juga mungkin pernah merasa sendirian pada situasi tertentu.

Situasi tersebut bisa mendorongmu untuk berani membuat keputusan sendiri. Kamu juga dituntut untuk bisa melakukan hal yang bisa membuatmu bahagia. Jadinya kamu nggak akan sembarangan membuat keputusan. Setiap hal yang kamu lakukan selalu melewati pertimbangan yang matang.

Bisa Jadi Diri Sendiri dan Percaya Diri dengan Potensi yang Dipunya

Kamu mungkin mengalami masa-masa sulit dalam pencarian jati diri. Ada banyak hal yang kamu alami sendiri. Mau tak mau, kamu harus bisa menanganinya sendiri. Hal ini pun kemudian bisa membentuk jati dirimu yang sebenarnya. Kamu bisa menemukan kekurangan dan kelebihanmu sendiri, tanpa mencontek orang lain.

Tumbuh sebagai anak tunggal, ada tantangan tersendiri yang bakal kamu hadapi. Meski kamu pernah dicap manja atau anak mama, tak perlu merasa rendah diri, Ladies. Kamu tetap bisa jadi seseorang yang bersinar dengan caramu sendiri. Kamu juga bisa menjadi pahlawan untuk dirimu sendiri dan orang lain.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading