Sukses

Parenting

Survey Keluarga Jakarta Saat Ditinggal Mudik Asisten Rumah Tangga

Kisah keluarga di Jakarta yang akan segera menikmati suasana lengangnya ibu kota adalah cerita yang tidak asing lagi, yang antara lain disebabkan oleh mudiknya para asisten rumah tangga ke kampung halaman mereka masing-masing. 

Prisma Public Relations mengadakan survei yang dilakukan oleh sister agency-nya, GroupW, yang menyoroti bagaimana para keluarga kelas menengah (ABC1) di ibukota menyikapi situasi tahunan ini.

Beberapa temuan menarik dari survey :

  1. Salah satu alasan ibu kota terasa begitu kosong dikarenakan 32% dari para responden akan meninggalkan Jakarta untuk merayakan Lebaran. 
  2. Sebanyak 94% rumah tangga akan mengalami situasi tidak memiliki pembantu rumah tangga karena para pembantu rumah tangga mereka akan mudik kekampung halaman masing-masing.
  3. Mayoritas asisten rumah tangga (87%) akan mudik selama tujuh hari (atau lebih), sedangkan seperempat (26%) dari mereka akan mudik selama 10 hari atau lebih. 

Selama masa mudik Lebaran ini, 73% dari para ibu rumah tangga mengatakan bahwa mereka akan mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga mereka; dimana 16% diantaranya mengatakan akan mempekerjakan tenaga bantuan sementara atau infal, dan 11% dari mereka akan meminta bantuan anggota keluarga yang lain untuk melakukan sebagian pekerjaan rumah tangga mereka. 

Direktur Utama Prisma Public Relations, Rulita Anggraini, mengatakan “Ini merupakan bukti yang luar biasa yang menunjukkan betapa besar pengorbanan yang dilakukan oleh para ibu bekerja, dimana hampir tiga perempat dari para ibu rumah tangga tersebut mengatakan akan memikul sendiri tugas rumah tangga yang selama ini dilakukan oleh asisten rumah tangga mereka.”

Data: Prisma Public Relations

Survei ini merupakan temuan awal dari penelitian yang lebih besar seputar topic ibu bekerja dan pilihan-pilihan yang mereka buat. “Prisma Public Relations berharap survey ini dapat menunjukkan keputusan-keputusan menarik seperti apa dan bagaimana yang dibuat oleh para ibu bekerja,” demikian ujar Rulita.

 Data: Prisma Public Relations

Para responden pria nampaknya lebih menyukai tugas rumah tangga yang memungkinkan mereka berada di luar rumah. Lebih dari separuh responden wanita “lebih memilih” untuk membersihkan kamar tidur.

Survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka terhadap sekitar 200 rumah tangga kelas menengah di Jakarta, yang dilakukan pada bulan Juli 2015. 

GroupW membantu perusahaan-perusahaan meraih keberhasilan dalam dan melalui komunikasi mereka dengan menerapkan pendekatan “Research – Responsibility – Reputation”, serta berfokus pada inisiatif yang spesifik dan dirancang khusus untuk menyerukan kreativitas, perumusan ide orisinil, serta wawasan yang mendalam. 

Prisma Public Relations adalah sebuah communications agency dengan layanan lengkap, yang telah memenangkan berbagai penghargaan, serta memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia membangun brand mereka dengan konsumen dan stakeholders lainnya.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading