Sukses

Parenting

Tips Rumah Aman dari Pencuri Saat Ditinggal Mudik

Lebaran sudah semakin dekat, artinya jadwal mudik Anda juga sudah semakin dekat ya Ladies? Hati-hati, ada banyak hal yang patut Anda siapkan dan Anda perhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman.

Salah satunya adalah keamanan rumah Anda. Tidak perlu berpikir terlalu jauh tentang hal-hal apa yang mungkin menarik perhatian pencuri. Pencuri itu cerdik, dia bisa membaca situasi rumah Anda hanya dari hal-hal sederhana, bahkan yang tidak terlintas di pikiran Anda. Berikut ini, seperti yang dilansir oleh Goodhousekeeping.com, tanda-tanda yang tanpa sengaja Anda munculkan, hingga menarik perhatian pencuri. Simak ulasan lengkapnya.

    Tempat Sampah Berada Di Luar Rumah, Saat Tidak Ada Jadwal Pengambilan Sampah

    Begini perumpamaannya, di kompleks tempat tinggal Anda, sampah-sampah biasa diambil oleh truk sampah pada hari Senin. Namun hari itu masih hari Kamis, dan Anda sudah meletakkan tempat sampah Anda di depan rumah. Hal ini mengisyaratkan bahwa Anda tidak berada di rumah selama akhir pekan.

    Rumput atau Semak-Semak Tinggi

    Rumah Anda dilindungi oleh pohon-pohon lebat, atau pagar dan tembok tinggi, mungkin membuat beberapa pencuri berpikir ulang sebelum merampok rumah Anda. Namun menurut penelitian, beberapa pencuri tetap berani menerobos penghalang-penghalang tinggi tersebut, dan tidak ragu masuk melalui  pintu depan rumah Anda.

    Dan jika rumput atau semak-semak di rumah Anda tinggi, atau sudah lama tidak dipangkas, itu bisa menjadi tempat mereka bersembunyi lho Ladies. Selain itu, rumput yang tinggi juga mengisyaratkan Anda tidak atau jarang berada di rumah. Atau bisa juga membuat mereka berpikir bahwa Anda adalah orang yang lalai memelihara kebersihan rumah, jadi mungkin saja Anda lalai mengunci pintu dan jendela.

    Jendela di Garasi

    Hal ini bisa digunakan dengan 2 cara oleh pencuri. Pertama, mereka memakainya untuk melihat ke dalam garasi, apakah mobil Anda ada di dalam, jika ada, berarti Anda sedang di rumah. Dan jika tidak ada, tentu Anda tahu apa yang terjadi. Yang kedua, mereka sengaja memakai jendela garasi ini untuk masuk ke dalam rumah Anda, karena jendela garasi biasanya keamanannya kurang diperhatikan dibandingkan jendela rumah itu sendiri.

    Penanda Bahwa Anda Punya Binatang Peliharaan

    Ada stiker di mobil atau rumah Anda yang menandakan bahwa Anda punya hewan peliharaan? Hati-hati Ladies. Hal itu membuat pencuri berpikir, bahwa misalnya jika Anda punya kucing, Anda akan membuka salah satu jendela rumah Anda, atau lubang semi tertutup di pintu Anda gara si kucing bisa keluar masuk sesuka hati. Dan jangan berpikir bahwa anjing besar bisa melindungi Anda. Peneliti menilai, anjing kecil yang berisik akan lebih efektif, karena mereka akan menggonggong dengan keras jika ada orang asing.

    Nama Anda Tertulis di Kotak Surat atau Di Depan Rumah

    Hal ini akan membuat si pencuri mudah menemukan nomor telepon rumah Anda, lalu menggunakannya untuk memastikan bahwa rumah sedang kosong. Anda juga tidak seharusnya memberi tahu orang asing yang menelepon, kapan Anda ada di rumah untuk berbicara lagi padanya. Dengan kata lain Anda juga memberi tahunya kapan rumah Anda kosong.

    Lingkungan Anda Adalah Kompleks Rental

    Menurut penelitian, lingkungan yang dihuni orang-orang yang menjalankan usaha menyewakan barang, cenderung hanya peduli pada diri dan barang-barang mereka sendiri. Sedangkan lingkungan perumahan biasa akan lebih peduli pada lingkungan sekitar, pada tetangganya, dan akan melapor jika ada hal yang tidak wajar.

    Asisten Rumah Tangga Punya Kunci Rumah Anda

    Lebih tepatnya semua orang "luar" yang bekerja di rumah Anda, misalnya cleaning service, perawat binatang peliharaan, atau yang lain. Mereka mungkin tidak akan merampok rumah Anda, tapi bisa saja mereka lalai menutup atau mengunci pintu, atau memberi kebebasan pada orang lain untuk mengakses rumah Anda.

    Rumah Gelap Saat Malam

    Meskipun Anda berada di rumah, usahakan tetap ada cahaya yang menerangi bagian luar dan bagian dalam rumah. Penelitian mengatakan bahwa pencuri akan lebih suka beraksi di tempat yang gelap, karena hal itu membuat keberadaan mereka tidak diketahui. Anda bisa memasang lampu dengan sensor yang akan menyala saat gelap.

Wah, hal-hal tersebut sebagian besar tidak terduga ya Ladies. Jangan memberi celah sedikit pun kepada pencuri Ladies. Dan jangan lupa membaca ulang hal-hal di atas sebelum Anda mudik. Semoga bermanfaat.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading