Sukses

Parenting

Tayangan TV Itu Membantuku Selamatkan Nyawa Adikku

Saat balita tersedak, kita harus segera tanggap dan menolongnya.  Apalagi jika benda yang membuatnya tersedak itu bisa membahayakannya. Salah-salah nyawanya bisa melayang karena kita telat memberikan pertolongan.

Ty Rees (12 tahun) baru-baru ini melakukan aksi heroik. Dilansir dari dailymail.co.uk, ia berhasil menyelamatkan nyawa sang adik Star Tyack (2 tahun) dengan meniru sebuah tayangan televisi. Kejadian bermula ketika Ty sedang asyik menonton televisi dan tiba-tiba Star masuk ke dalam ruangan dan tak bisa bernapas apalagi berbicara. Rupanya Star tersedak sejumlah koin pecahan 5 penny. Beruntung Ty tahu pertolongan apa yang harus ia berikan pada adiknya.

Ty teringat sebuah pariwara St John Ambulance tentang cara menolong bayi yang tersedak. Sang ibu Marie Tyack lah yang menyuruh Ty menonton tayangan televisi itu. Ty pun langsung menolong Star mengeluarkan uang koin dengan menelungkupkan tubuh Star di pahanya dan menepuk-nepuk punggungnya dengan keras.

Ty dan sang adik Star. | Foto: copyright dailymail.co.uk

Setelah itu Ty langsung memanggil ibunya dan kekasih ibunya Kevin Blackburn untuk menepuk kembali punggung Star. Tiga keping uang koin pun berhasil dikeluarkan lagi.

"Ty benar-benar luar biasa. Ia adalah pahlawan pemberani. Dia bisa bertindak cepat dan tetap tenang," papar Marie memuji tindakan Ty menolong adiknya. Star pun kemudian dibawa ke rumah sakit. Beruntung tak ada cedera serius yang dialaminya dan tak ada lagi koin yang tersangkut di lehernya.

Contoh cara menyelamatkan bayi yang tersedak. | Foto: copyright dailymail.co.uk

Marie sengaja menyuruh Ty menonton tayangan dari St John Ambulance ketika Star sudah mulai bisa berjalan. Ia sengaja memberi gambaran pada Ty apa yang harus segera ia lakukan kalau adiknya Star tersedak. Dan Ty tampaknya bisa mencerna dengan baik tayangan yang ditontonnya tersebut.

Jim Jones, traning manager untuk St John Ambulance mengatakan, "Kampanye video kami itu memang dibuat untuk memberi contoh apa yang harus kita lakukan kalau bayi berusia di bawah 12 bulan tersedak. Meski tekniknya berbeda untuk anak yang lebih tua dan orang dewasa, konsep menyelamatkan nyawa seseorang dalam situasi tersebut pada dasarnya mirip. Dalam situasi darurat, lebih baik segera melakukan sesuatu daripada diam saja dan Ty berhasil melakukan pertolongan pertama yang tepat sekali."

Tampaknya anak-anak memang perlu dibekali teknik-teknik P3K sederhana. Karena kita tak pernah tahu apa yang akan dihadapi atau dialami anak tersebut ketika ia sendirian atau melakukan sesuatu tanpa pengawasan orang tua. Satu hal lagi yang penting, kita perlu lebih bijak dan selektif dalam memilah dan memilih tayangan yang ditonton anak-anak, ya Ladies.



 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading