Sukses

Parenting

Ini Dia Manfaat Menakjubkan Keterlibatan Ayah Dalam Merawat Si Kecil

Ladies, apakah Anda dan suami mempunyai waktu khusus dalam merawat si Kecil? Hal tersebut merupakan hal penting lho, terutama peran aktif suami Anda. Mengapa? Karena, bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari sang ayah terbukti memiliki nilai perkembangan motorik yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh perawatan dari sang ayah. Terlebih, jika perawatan itu dilakukan sejak awal kelahirannya yaitu antara usia 0-6 bulan pertama.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang ayah akan memaksimalkan perkembangan fungsi indra, gerak dan kecerdasan kognitif pada anak. Peran ayah juga memberikan manfaat yang sangat besar secara psikologis bagi bayi, ayah sendiri maupun keluarga.

Manfaat jika ayah turut serta bantu merawat si kecil di rumah | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang ayah untuk berperan aktif dalam merawat bayinya adalah dengan memandikannya. Memandikan bayi merupakan cara yang dapat meningkatkan kedekatan emosional antara ayah dan bayi," terang Anne Gracia, Praktisi Neurosains Terapan pada acara Zwitsal Kampanyekan Suamiku, Ayah Luar Biasa di kawasan Cikini Jakarta Pusat Kamis 19 Maret 2015.

Selain itu, peran aktif seorang ayah dalam merawat bayi dapat dilakukan dengan memijat bayi, menggendong, menyuapi dan lain sebagainya." Lanjut Anne.

Tak hanya bayi saja yang mendapatkan manfaat peran aktif sang ayah, tetapi ayah juga akan mendapatkan benefit dari rutinitas merawat si Kecil. Misalnya, membangun kedekatan atau bonding dengan anak, mendapatkan dukungan dan kasih sayang dari keluarga, serta sebuah kebanggaan dan kepercayaan diri untuk dapat melakukan berbagai hal dalam pekerjaan, mengakui kemampuannya sebagai orang tua dan hubungan sosialnya.

Acara Zwitsal, Kampanyekan Suamiku Ayah Luar Biasa di kawasan Cikini Jakarta Pusat | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Para ibu di Indonesia, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Zwitsal, semua ibu merasa senang bila dibantu oleh suami dalam merawat sang buah hati," tutupnya.

Sudah tahukan Ladies manfaat yang didapat bila suami Anda ikut berperan merawat bayi Anda. So, buat agenda rutin yuk untuk kebersamaan ayah, anak dan ibu. Setiap weekend tidak masalah, asal rutin dijalani ya :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading