Sukses

Parenting

Tips Mudah Agar Buah Hati Semakin Sayang Pada Bunda

Anak-anak adalah seseorang yang sangat lucu dan menggemaskan. Kehadiran anak dalam keluarga tentu mampu membuat warna baru yang lebih indah dan menyenangkan. Namun, tidak jarang anak-anak merasa hidupnya tertekan dan tidak bahagia hidup bersama orang tuanya. Tidak jarang pula anak lebih sayang kepada salah satu orang tua baik itu ayah saja ataupun bunda saja.

Tidak sedikit anak sangat pendiam dan hanya mau berbicara dengan orang terdekatnya saja. Bahkan, tidak jarang anak mengabaikan orang tuanya dan lebih memilih bermain bersama teman atau orang-orang yang membuatnya nyaman serta tenang. Apakah bunda pernah merasa bahwa buah hati bunda tidak sayang dengan bunda? Mungkin karena bunda sibuk bekerja dan waktu berkumpul bersama anak sedikit, hal ini memicu kerenggangan hubungan bunda dengan si kecil dan ia lebih memilih pengasuhnya.

Lalu, bagaimana membuat buah hati jatuh hati dan sayang kembali kepada bunda? Dilansir dari laman lifehack.org, inilah tips mudah agar buah hati semakin sayang pada bunda. Simak baik-baik bunda :)

(vem/mim)

Luangkan Waktu Untuk Anak

Pastikan untuk selalu memiliki waktu khusus bersantai bersama anak. Ajaklah anak nonton TV bersama, jalan-jalan di akhir pekan atau sekedar menemaninya tidur saat malam. Bunda perlu menjadi seseorang yang selalu ada di sampingnya meskipun bunda adalah seseorang yang sibuk. Usahakan untuk selalu menikmati setiap kegiatan yang Anda lakukan bersama anak dan buat dia senyaman mungkin.

Meskipun terkadang anak membuat kesal dan marah, tanggapi hal tersebut dengan santai dan sabar. Berikan nasehat yang halus dan lembut namun tidak keluar dari batas ketegasan. Saat anak merasa Anda sangat mencintai dan menyayangi mereka, bisa dipastikan hal ini juga mendorong mereka untuk mencintai dan menyayangi Anda lebih.

Ajak Anak Bercanda

Agar suasana tidak membosankan, usahakan untuk mengajak anak bercanda. Tertawa bersama dengan anak akan membuat hubungan Anda dengan dia semakin dekat. Ceritakan dongeng yang lucu kepada anak dan begitupun sebaliknya. Ajak anak untuk mau menceritakan pengalamannya dan kejadian yang dialaminya selama di sekolah, di rumah atau saat ia bersama teman-temannya.

Ajaklah anak bersenang-senang. Alangkah baiknya jika Anda mengajak anak bersenang-senang sekaligus mengajaknya belajar. Memberi kejutan ataupun mengajak anak melakukan hal yang disuka juga dipercaya mampu membuat anak semakin sayang Anda.

Jangan Memanjakan Anak

Seringkali orang tua melakukan kesalahan saat ingin meraih hati buah hatinya. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa demi mendapatkan perhatian dan sayang anak, orang tua memanjakan mereka secara berlebihan. Perlu bunda tahu, memanjakan anak justru bisa membuat mereka menjadi seorang anak yang nakal dan sulit diatur. Bahkan saat keinginannya tidak dipenuhi, ia akan marah dan ngambek.

Usahakan untuk tidak memanjakan anak terlalu berlebih. Ajari anak untuk hidup mandiri namun tetap bunda pantau dengan baik kesehariannya. Ajak anak untuk berpikir positif tentang apapun. Pastikan bahwa Anda adalah orang yang sabar, perhatian, peduli dan hormat kepada anak. Sikap yang baik akan dicontoh baik oleh anak dan begitupun sebaliknya.

Jangan Terlalu Bersikap Keras Pada Anak

Terlalu bersikap keras kepada anak bisa membuatnya takut dan marah kepada Anda. Agar anak menjadi seorang yang ramah, disiplin dan sayang pada Anda, usahakan untuk selalu memberikan nasehat baik padanya. Hindari menggunakan kekerasan saat anak melakukan kesalahan. Hindari pula mengekang anak terlalu keras karena hal ini bisa membuatnya tertekan bahkan frustasi. Bersikaplah sewajarnya dan lemah lembut namun tetap memiliki kesan wibawa serta tegas saat mengasuh anak.

Bunda, itulah beberapa tips mudah agar anak semakin sayang terhadap bunda. Tidak ada salahnya bunda memberikan hadiah saat anak mendapat juara kelas, saat anak melakukan kebaikan dan saat anak menunjukkan kemajuan pada prestasi belajarnya. Namun ingat, jangan memberi hadiah terlalu sering, karena hal ini sama saja dengan terlalu memanjakannya. Dengan cara ini, semoga bunda dan buah hati bisa semakin sayang dan lengket ya...? ^_^

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading