Sukses

Parenting

Jaga Tradisi, Yenny Wahid Gelar Tegak Siten Putri Ketiga

Indonesia memiliki beragam budaya dari masing-masing daerah. Misanya Jawa, yang mempunyai upacara adat tedak siten warisan budaya nenek moyang. Sekarang ini dengan berkembangnya teknologi, ritual tersebut belum tentu masih dilakukan kebanyakan orang karena zaman yang sudah modern. 
 
Seperti keluarga besar Alm. Gusdur yang masih menjalaninya. Ya, anak kedua dari mantan Presiden Republik Indonesia yakni Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau biasa dikenal dengan panggilan Yenny Wahid pada hari Sabtu 31 Januari 2015 telah melakukan prosesi adat tegak siten untuk putri ke 3 nya yang bernama Raisa Isabella Hasna. 
 
"Hari ini adalah tegak siten atau turun tanah untuk anak kami yang ketiga, Raisa. Usia kini 10 bulan, memang agak lamban biasanya 8-9 bulan tegak siten, karena ibunya sibuk jadi baru bisa diselengarain hari ini. Acara tadi diawali dengan doa dan pengajian, semua untuk anak yang tumbuh dengan maksimal nantinya," papar Yenny Wahid di kediamannya di jalan Gaharu Jakarta Selatan Sabtu 31 Januari 2015. 
 
Upacara turun tanah merupakan sebuah adat Jawa dimana seorang anak menginjak usia tertentu simbolnya adalah menapak kaki ke bumi, karena awalnya berbulan-bulan digendong, yang kemudian didoakan. Dengan menginjak tanah tersebut dapat melewati kehidupan dengan baik.  
 Yenny, bersama ibu dan kedua anaknya | foto: copyright vemale/yuni
"Banyak doa-doa yang akan keluar untuk anak kita saat tegak siten, dan prosesi ketika anak itu memilih sesuatu dan ingin menjadi seperti itu adalah sebuah doa," tambah Sinta Nuriyah istri Alm. Gusdur, ibu dari Yenny Wahid dalam kesempatan yang sama. 
 
Bagi mereka, dengan mengadakan upacara adat tegak siten adalah salah satu cara mempertahankan budaya, ciri khas dan identitas bangsa Indonesia yang harus dipegang teguh. Sedari kecil sudah harus diperkenalkan budaya asal mereka sendiri. 
 
"Kalau anak-anak yang aku lihat mereka senang-senang aja ya untuk acara adat seperti ini. Apalagi kakaknya yang pertama udah semangat dari kemarin, ingin nemenin adiknya tegak siten. Karena dia kan pernah lihat fotonya waktu kecil masih ingat sampai sekarang," jelas ibu 3 anak tersebut. 
 
Yenny Wahid berharap agar putrinya Raisa dapat bertumbuh menjadi anak yang baik. Dengan globalisasi yang makin berkembang
dapat mengikuti perkembangannya dengan luar biasa. 

"Anak saya ada 3 dan mereka luar biasa aktifnya yang penting kita punya perhatian, waktu luang untuk mereka, memberikan pengajaran dari kecil seperti disiplin, dan sifat anak-anak sekarang kalau tidak dididik pasti egois," tutup Yenny Wahid dengan memberikan tips kepada Vemale. 

Gimana Ladies? Sudahkah Anda mendidik buah hati tercinta dari kecil seperti Yenny Wahid?
 
(vem/yun/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading