Sukses

Parenting

Cara Bijak Mendampingi Anggota Keluarga Yang Sakit

Memiliki anggota keluarga yang sedang mengidap penyakit serius atau membutuhkan bantuan khusus memang dibutuhkan kesabaran dan pengertian yang luar biasa. Bukan hanya mereka yang berjuang, kita pun berusaha tegar dan sabar dalam mendukung mereka. 

Ada beberapa langkah bijak yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka, karena pada masa ini tentu tak akan mudah menghadapinya. Dukung mereka dengan melakukan tips ini. 

 

Sabar Dan Memahami Penyakitnya

Yang pasti akan dibutuhkan kesabaran yang luar biasa. Anda juga akan dibutuhkan dari waktu ke waktu. Tapi, agar Anda tidak ikut stres, coba pahami penyakit tersebut. Apa jenisnya, sudah sampai tahap apa, langkah bagaimana yang bisa membantu meringankan bila kambuh? Anda juga perlu mengetahui dampaknya secara psikologis dan fisiologis.

Pendekatan Spiritual

Dalam tahap apapun, salah satu cara untuk bisa mengimbangi diri dengan stres dan kelelahan adalah dengan pendekatan kepada Sang Pencipta. Cara ini bisa digunakan untuk membantu diri Anda sendiri dan anggota keluarga yang sakit. Selain meningkatkan harapan yang positif, juga bisa membantu proses penyembuhan dan menambah semangat.

Komunikasi Dengan Saudara Lainnya

Komunikasikan dengan keluarga, minimal yang terdekat di rumah. Kadang orang sakit sering takut mereka akan menjadi beban, jadi jangan terlalu memperlakukan mereka seperti orang yang tidak mampu. Namun koordinasikan agar seluruh anggota keluarga bersedia membantu apabila yang bersangkutan dalam kondisi yang tak memungkinkan.

Menyiapkan Hati

Kita tidak tahu apa yang mungkin terjadi di depan, terutama bila penyakit yang dialami cukup kronis. Yang pasti selain menyiapkan hati, jangan lewatkan kesempatan untuk bisa membantu mereka. Fase kritis bisa terasa sangat sepi bagi mereka. Dengan keberadaan kita, bisa membantu meringankan rasa sakit dan takut itu, bahkan bisa memberikan keajaiban akan kesehatannya.

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading