Sukses

Parenting

Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua agar Anak Mau Berbagi?

Berbagi merupakan salah satu pelajaran hidup yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak sedini mungkin. Saat anak-anak sudah dilatih untuk berbagi sejak kecil, ia bisa mendapat banyak manfaat saat sudah masuk dalam lingkaran sosial. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh anak saat sudah terbiasa berbagi adalah ia bisa mendapat banyak teman dengan cepat karena tidak melulu mementingkan dirinya sendiri.

Tapi apa yang harus dilakukan orang tua agar anak mau berbagi? Berikut ini beberapa tips yang dilansir dari lifehack.org yang bisa diikuti orang tua untuk melatih anak agar terbiasa berbagi.

Berikan Pilihan
Daripada memaksa, berikan pilihan pada anak. Misalnya, minta anak Anda untuk memilih: mau membagi makanan ini ke teman yang lain atau mau makan sendiri? Jika anak mau berbagi, berikan pujian. Tapi jika tidak mau, Anda bisa menjelaskan kenapa berbagi itu penting. Memberikan pilihan semacam ini bisa membuat anak merasa lebih terlibat dan dihargai.

Berbagi Tidak Selalu Membuat Kita Menderita
Pastikan anak Anda tahu bahwa tidak semua hal harus kita bagi. Adakalanya barang-barang tertentu tak harus dibagi. Di samping itu berikan penjelasan bawah berbagi itu bukan berarti merasa kehilangan dan membuat kita menderita. Sebagai contoh saat bermain, sampaikan pada anak Anda bahwa mainan yang ia pinjamkan pasti akan dikembalikan jika sudah selesai.

“Children must be taught how to think, not what to think.” ― Margaret Mead

Buat Terminologi yang Berbeda-Beda
Jika anak selalu saja menolak jika diminta berbagi, cobalah untuk mengubah terminologinya. Misalnya, Anda bisa menggunakan kata "meminjamkan" atau "bergantian" dan bukan "berbagi".

Gunakan Jam atau Timer
Tetapkan berapa menit anak-anak bisa saling bergantian menggunakan mainan misalnya. Saat bermain dalam kelompok, ajarkan anak-anak untuk mau saling berbagi mainan mereka sesuai dengan jumlah menit yang sudah disepakati.

Ambil Mainan Jika Tak Mau Berbagi
Orang tua juga perlu tegas. Ketika anak sudah diminta berulang kali untuk berbagi tetapi ia tak melakukannya, ambil kembali mainannya. Di samping itu, beritahu mereka bahwa dengan berbagi, teman-teman mereka nantinya juga akan mau berbagi dengan mereka. Jadi selalu ada imbalan yang baik jika anak mau melakukan hal yang baik.

Jadilah Panutan
Anak-anak bisa dengan mudah meniru orang tuanya. Dalam keseharian, tunjukkan beberapa hal yang memperlihatkan makna berbagi yang sebenarnya. Mulai dengan hal-hal sederhana seperti berbagi makanan ketika sedang makan bersama. Sementara itu ketika berada di luar rumah dan melihat ada orang yang berbagi, tunjukkan bahwa itu yang namanya berbagi dan jelaskan makna penting berbagi itu.

Berikan Pujian
Anak-anak akan senang ketika dipuji karena itu membuat mereka merasa spesial. Jadi tak perlu segan untuk memberinya pujian setiap kali anak memperlihatkan sikap baik.

Mengajari anak berbagi juga perlu diimbangi dengan memberikan pemahaman pentingnya berbagi. Selain itu perlu juga diberi pengertian akan apa saja yang memang perlu dibagi dan apa yang tidak. Dan berbagi juga tak sebatas hanya dalam bentuk materi. Pelukan dan ucapan sayang juga bisa dilakukan untuk memperlihatkan sikap berbagi cinta.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading