Sukses

Parenting

Apapun Aku Lakukan Agar Bisa Mendonorkan Hati Untuk Putri Kecilku

Cinta seorang ayah bisa sama besarnya dengan cinta seorang ibu. Ayah hebat yang satu ini rela melakukan apa saja agar putrinya sembuh dari gangguan gagal hati. Segala cara dilakukan, bahkan dengan menurunkan berat badan sebanyak 16 kilogram hanya dalam waktu 2 bulan.

Donny Ho (37 tahun) memiliki putri bernama Charmaine. Sejak berusia 3 tahun, dokter menyatakan bahwa Charmaine mengalami masalah gagal hati, hatinya tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Kulit gadis kecil itu mulai berubah warna menjadi kuning di tahun 2012, Charmaine juga harus tidur 22 jam setiap hari dan hanya terjaga hanya untuk makan dan ke kamar mandi.

Transplantasi Hati Dari Ibu Gagal

Kondisi Charmaine terus memburuk, dokter mengatakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah transplantasi hati. Awalnya Charmaine mendapat donor hati dari ibunya sendiri, namun setelah dilakukan pemeriksaan rutin selama 2 tahun, tubuh Charmaine melakukan penolakan terhadap transplantasi hati dari ibunya.

Kondisi Charmain sesudah lebih baik | Foto: copyright stomp.com.sg

Tim dokter melakukan upaya lain, yaitu meminta ayah Charmaine untuk mendonorkan hatinya. Seringkali upaya transplantasi organ tubuh memiliki tingkat keberhasilan tinggi jika dilakukan oleh keluarga kandung, maka harapan hidup Charmaine kali ini ada di tangan ayahnya.

Namun yang menjadi masalah, berat badan Donny Ho saat itu 92 kilogram. Dokter tidak bisa mengambil sebagian hatinya karena kelebihan berat badan akan membuat kondisi hati ditutupi lemak dan tidak sehat jika diberikan pada putrinya. Mau tidak mau, Donny Ho harus berjuang sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.

Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Dilansir oleh stomp.com.sg, Donny Ho mulai melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. "Saya memangkas karbohidrat dan memperbanyak makan buah, sayuran dan daging putih," ujarnya. Selain mengatur pola makan, Donny Ho juga melakukan olahraga dengan trainer agar hatinya makin sehat saat diberikan pada putrinya.

Kegigihan Donny Ho berhasil, hanya dalam 2 bulan, beratnya turun 12 kilogram dan sudah sehat untuk melakukan operasi pengambilan sebagian hati untuk putrinya. Operasi sudah dilakukan dua bulan yang lalu, kondisi Donny Ho baik-baik saja, dan kondisi Charmaine juga lebih baik dibanding sebelumnya. Operasi ini sendiri dilakukan di Mount Elizabeth Hospital, Singapura.

Foto: copyright stomp.com.sg

"Saat Charmaine mendapatkan transplantasi kedua, dia seperti bangun dari tidur panjang. Dia tampak begitu sehat dan baik. Ini semua membuat apa yang saya lakukan menjadi hal yang baik untuknya," ujar Donny Ho.

Walaupun sudah melakukan transplantasi hati untuk putrinya, Donny Ho akan tetap melakukan gaya hidup yang sekarang dia jalani. Bagaimanapun juga, Donny Ho makin sadar akan pentingnya kesehatan dan menjaga keluarganya. Jika dia sehat, maka dia bisa melihat putrinya tumbuh dewasa dan dapat melindunginya.

Semoga Charmaine cepat pulih dan Donny Ho bisa menjadi pria yang memberi inspirasi pada ayah-ayah lainnya.

Ada motivasi besar kenapa saya mau melakukan apa saja demi Charmaine. Karena saya tidak ingin kehilangan anak saya.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading